Selamat datang di MailCantik.blogspot.com, terima kasih atas kunjunganya dan jangan sungkan untuk kembali lagi
,
Thursday, February 16, 2006
kegagalan seorang pemimpin
Posisi pemimpin terkesan diperebutkan, meskipun terkadang banyak diantaranya yang tidak mengerti akan makna yang terkandung didalamnya. Setiap orang sebenarnya adalah pemimpin, baik bagi dirinya sendiri, keluarga, masyarakat maupun bangsanya. Namun hakikat kepemimpinan yang keliru telah mengubah makna dari kata pemimpin.

Etika dan moral terkadang tidak lagi menjadi dasar motivasi dan alat kontrol bagi seseorang untuk menjadi pemimpin. Fenomena indahnya kepemimpinan tak jarang membuat orang berlomba-lomba mencari tiket untuk dapat menjadi seorang pimpinan pada setiap suksesi pimpinan.

Kunci sukses dari sebuah kegagalan yang dialami seorang pemimpin lebih bermuara pada falsafah awal yang dianut oleh pemimpin itu sendiri sejak mencalonkan diri jadi pemimpin, yakni: ambisi, maju, libas, duduk, rutinitas, dan berkipas, yang beranjak dari motivasi dan konsep yang tidak jelas.

Kegagalan seorang pemimpin biasanya lebih disebabkan karena

  • minimnya pemahaman tentang pokok pikiran yang akan menentukan perencanaan langkah untuk mencapai tujuan dan program
  • minimnya pengetahuan tentang sarana, dalam hal ini adalah administrasi organisasi pada lembaga/institusi yang bersangkutan, sehingga pengorganisasiannya kurang efektif
  • minimnya pengetahuan kepemimpinan, sehingga mengalami kesulitan dalam hal bersikap dan mengarahkan bagaimana agar jajarannya dapat bekerjasama dalam mencapai tujuan, memberikan tanggungjawab secara jelas dan meminta pertanggungjawaban, memberi motivasi, mengkoordinasikan hasil kerja melalui proses yang jelas, penyelesaian konflik secara bijak, dan memotivasi ke arah perbaikan dan perubahan agar terjadi kreativitas dan inovasi.
  • Kegagalan juga disebabkan karena lemahnya sistem evaluasi terhadap kinerja dan program yang telah dilaksanakan.
posted by kangmasanom @ 5:47 AM   |
About
Kangmasanom sekarang telah menjadiseorang ayah dan saat ini masih tinggal di Pnk

Mau chating dengan kangmasanom yach mau chatting ya kangmasanom
Acak-acak
Artikel Terbaru
Archives
Shoutbox

Holly Qur'an

Deteksi
Ada online

eXTReMe Tracker miniscu Center