Selamat datang di MailCantik.blogspot.com, terima kasih atas kunjunganya dan jangan sungkan untuk kembali lagi
,
Wednesday, February 22, 2006
Untuk orang tua yang sudah meninggal
  • Mendoakan keduanya;
  • Meminta ampunan / beristighfar untuk mereka;
  • Menunaikan janji mereka;
  • Menghormati sahabat-sahabat mereka yang masih hidup;
  • Menyambung kekerabatan yang tak mungkin ada tanpa mereka, yaitu hubungan persaudaraan yang memang penghubungnya hanya mereka, seperti paman, bibi, kakek, nenek dan keturunan mereka.
posted by kangmasanom @ 6:05 AM   |
Thursday, February 16, 2006
kegagalan seorang pemimpin
Posisi pemimpin terkesan diperebutkan, meskipun terkadang banyak diantaranya yang tidak mengerti akan makna yang terkandung didalamnya. Setiap orang sebenarnya adalah pemimpin, baik bagi dirinya sendiri, keluarga, masyarakat maupun bangsanya. Namun hakikat kepemimpinan yang keliru telah mengubah makna dari kata pemimpin.

Etika dan moral terkadang tidak lagi menjadi dasar motivasi dan alat kontrol bagi seseorang untuk menjadi pemimpin. Fenomena indahnya kepemimpinan tak jarang membuat orang berlomba-lomba mencari tiket untuk dapat menjadi seorang pimpinan pada setiap suksesi pimpinan.

Kunci sukses dari sebuah kegagalan yang dialami seorang pemimpin lebih bermuara pada falsafah awal yang dianut oleh pemimpin itu sendiri sejak mencalonkan diri jadi pemimpin, yakni: ambisi, maju, libas, duduk, rutinitas, dan berkipas, yang beranjak dari motivasi dan konsep yang tidak jelas.

Kegagalan seorang pemimpin biasanya lebih disebabkan karena

  • minimnya pemahaman tentang pokok pikiran yang akan menentukan perencanaan langkah untuk mencapai tujuan dan program
  • minimnya pengetahuan tentang sarana, dalam hal ini adalah administrasi organisasi pada lembaga/institusi yang bersangkutan, sehingga pengorganisasiannya kurang efektif
  • minimnya pengetahuan kepemimpinan, sehingga mengalami kesulitan dalam hal bersikap dan mengarahkan bagaimana agar jajarannya dapat bekerjasama dalam mencapai tujuan, memberikan tanggungjawab secara jelas dan meminta pertanggungjawaban, memberi motivasi, mengkoordinasikan hasil kerja melalui proses yang jelas, penyelesaian konflik secara bijak, dan memotivasi ke arah perbaikan dan perubahan agar terjadi kreativitas dan inovasi.
  • Kegagalan juga disebabkan karena lemahnya sistem evaluasi terhadap kinerja dan program yang telah dilaksanakan.
posted by kangmasanom @ 5:47 AM   |
Thursday, February 09, 2006
sibuk
maaf ya lagi sibuk? beberapa hari ini tak sempat posting
posted by kangmasanom @ 5:02 AM   |
Tuesday, February 07, 2006
manajemen stress diri
Self image and adaptability merupakan suatu hal untuk mengidentifikasi sejauh mana kesiapan seseorang dalam menghadapi stressor. Transaksi diri berupa melawan agar tidak stress, atau mengurangi perasaan tidak nyaman dengan berbagai metode yang sesuai dengan diri merupakan cara untuk membuka kesiapan dan kepercayaan diri dalam menghadapi persoalan dalam pekerjaannya. Personality with respect to non specific fears adalah kemampuan seseorang mengelola kategori persolan pekerjaan seperti kritik, dan teguran yang datang kepadanya. Bersikap positif merupakan jurus paling jitu untuk mengurangi stress.

Beberapa metode mungkin dapat anda gunakan untuk mengurangi stress yang anda rasakan. Adapun karena stress berkaitan dengan diri seseorang maka manajemen yang sering dipakai adalah melalui melalui pedekatan personal

Musik dapat mengalihkan pikiran sesaat untuk mengikuti ritme-ritme nada yang teratur sehingga konsentrasi akan terpecah sesaat untuk kesenangan.

Olahraga, selain membantu membakar kalori, membentuk sikap tubuh, menciptakan rasa gembira, juga membuat tidur menjadi lebih nyenyak.
Terlibat dalam ritual permainan yang mengasikkan juga dapat mengalihkan pikiran yang jenuh karena masalah pekerjaan sebelumnya.

Berbicara dengan orang yang dipercaya merupakan metode alternatif yang dapat membantu. Metode ini berefek pada pengenduran ketegangan psikologis karena membagi beban diri dengan orang lain akan mengurangi tekanan.

Berlibur, beristirahat dan berdoa juga merupakan terapi koginitif yang sangat membantu. Istirahat dengan cara tidur adalah cara paling wajar yang dilakukan semua orang. Menutup mata dengan tubuh terbaring sangat efektif dalam menciptakan lingkungan sepi guna melepas ketegangan.

Sedangkan berdoa adalah waktu penyerahan diri kepada Tuhan dan memberi perasan tenang dalam diri orang yang melakukannya.

Bagi yang sudah berkeluarga seks juga dilakukan karena melakukan seks berarti memberdayakan otak dengan harapan akan tergeser pemikiran menegangkan menjadi menyenangkan. Setiap metode dapat membantu, sekalipun setelah segala aktifitas diatas dilakukan, persolan kembali datang, setidaknya hal-hal tersebut dapat mengurangi ketegangan.
posted by kangmasanom @ 5:02 AM   |
Sunday, February 05, 2006
Mengapa Sarjana Pilih PNS?

Meningkatnya jumlah angkatan kerja yang baru tamat sekolah ditambah membeludaknya mereka yang di-PHK ,membuat daftar pengangguran makin bertambah. Mereka yang tamatan perguruan tinggi juga lebih memilih menganggur sambil menanti pekerjaan yang layak. Akhirnya pilihan menjadi Polisi, Guru atau jenis pegawai negeri lainnya jadi menu utama

  • Karena alasan prestise dan status sosial. Seorang yang menjadi pegawai negeri dengan sendirinya akan menempati posisi terhormat dalam masyarakat. Hal ini terjadi karena budaya feodalisme masyarakat kita masih kuat. Seseorang sering dihormati bukan karena jasa atau kualitas dirinya tetapi lebih pada jabatannya
  • Selama ini orang masih mendefinisikan kerja identik dengan pegawai negeri. Oleh karena itu, seorang sarjana atau terdidik lainnya, dikatakan bekerja dan mau mengaku dirinya telah bekerja apabila sudah diterima sebagai pegawai negeri. Seorang sarjana yang belum memperoleh jabatan tertentu atau bekerja di luar sektor pemerintahan, bisnis kecil-kecilan, buka rumah makan, rental, bengkel, bekerja di perusahaan swasta apalagi menekuni dunia pertanian akan berkata, saya belum bekerja. Nampaknya tak ada kebanggaan dan kepercayaan diri sedikit pun mengatakan dirinya telah bekerja.
  • Pertimbangan kepastian pendapatan. Bila dikalkulasi secara empiris, diperbandingkan antara gaji pegawai negeri dengan kebutuhan riil keseharian saat ini, sebetulnya penghasilan pegawai negeri tidaklah terlalu mewah dan berlebihan. Walaupun punya jabatan yang cukup strategis. Nah kalau ada pegawai negeri atau pejabat publik yang punya mobil mewah dan rumah seperti istana tapi tidak punya usaha sampingan yang signifikan maka wajar saja untuk dicurigai.
  • pertimbangan penghasilan di luar gaji pokok. Bagi pegawai negeri yang kebetulan berada di tempat "basah'', gaji pokok sering tidak menjadi masalah. Sebab gaji pokok kadang lebih kecil dibanding dengan "sikutannya.'' Selain itu, bagi instansi pemerintah terutama bagi pimpinan, ada fasilitas-fasilitas khusus seperti mobil, kemudahan-kemudahan kredit dan sebagainya. Fasilitas-fasilitas ini bisa dipergunakan untuk kebutuhan-kebutuhan sesaat, sehingga tak jarang mobil-mobil berplat merah berkeliaran di luar jam-jam kantor.
  • Kerja pegawai negeri sejauh ini tidak memerlukan banyak ketrampilan, kecerdasan serta tak ada risiko berat dibanding kerja di sektor-sektor swasta. Kerja di sektor swasta persoalan sumber daya manusia yang berkualitas menjadi taruhan. Perlu adanya keuletan, kecerdasan, kesabaran dan dedikasi tinggi untuk bisa menang dalam bersaing. Sedangkan kerja sebagai pegawai negeri tidak membutuhkan semua itu. Sejauh ini, mereka bisa santai-santai asalkan bisa datang dan pulang tepat waktu tidak masalah.

Nah sekarang tambahan dari temen-temen

  1. Hany http://bintangmatahari.blogsome.com/ Lha, hiya toh? Udah kebalik kalo gitu, Kangmas. Waktu jaman saya, pengumumun penerimaan PNS lewat jalur cepat bebas tanpa banyak hambatan serta sogokan serta uang panas malahan nyaris dicuekin tuh sama men-temen seangkatan saya, heheheh... :D
  2. JefRi http://blog.berdua.net/ HeHeHe .., sarjana sekarang iri ama anak SMA jaman dulu Mas .., anak SMA dulu sekarang dah banyak yang kaya raya, sedang sarjana jaman sekarang mash lom punya apa-apa. makanya nafsu banget jadi PNS. Sapa tau bisa kaya :p. (1st Graduate 1st Rich).HuEHuHuEuE
  3. dhika http://dhika.batikkejora.com/banyak alasan nampaknya:(1.) muak melihat korupsi, berniat menggantikan mereka yg ada di birokrasi - idealis (2.) nyari yg pasti2 saja, PNS kan pasti awet, pasti lebih lega, pasti dapat pensiun - pragmatis (3.)nyoba2 peruntungan dan kemampuan, nyari kerjaan sulit euy... - anarkis^_%
  4. vins http://semolasalways.blogdrive.com/aku juga disuruh ayahku yang pegawai negri itu ngelamar ke pemda dki... uh..... terpaksa deh ngelamar juga.... padahal teteub pengen berjuang di dunia hospitality industry...
  5. ???? ada yang mau nambahin
posted by kangmasanom @ 5:10 AM   |
Saturday, February 04, 2006
Pintar dan bodoh
kata orang, kepintaran itu ada batasnya, tapi kebodohan tidak berbatas and i'm still wondering, how stupid i was...
posted by kangmasanom @ 10:57 PM   |
Friday, February 03, 2006
Berlomba-lomba menjadi PNS
FENOMENA membludaknya orang-orang yang mengantri pembuatan kartu kuning di disnaker merupakan pemandangan yang lazim terjadi khususnya menjelang dibukanya pendaftaran CPNS alias Calon Pegawai Negeri Sipil

Berlomba-lomba ingin menjadi PNS sih wajar-wajar saja. Tapi yang menarik dipertanyakan adalah kenapa para sarjana lebih cenderung tertarik menjadi pegawai negeri dibandingkan terjun dan berkiprah di sektor swasta?

Ada yang tahu....?
posted by kangmasanom @ 5:16 AM   |
Wednesday, February 01, 2006
Berhenti sejenak
Cobalah berhenti sejenak, dari setumpuk aktivitas kita, dari sekian banyak pekerjaan kita, dari kepenatan pikiran kita, dari kesibukan yang terus memadat.

Cobalah berhenti sejenak, sejenak saja. Cobalah sejenak untuk melupakan segala permasalahan yang tengah mendera. Lupakan sejenak. Renungkan kembali hari-hari yang kita lalui.

Renungkan. rekam kembali apa yang telah kita lakukan selama ini. Rekamlah, lalu renungkan. Apa yang kita cari sebenarnya? Apa yang telah kita dapatkan? Apa yang kita kejar? Apa yang kita buru? Apa yang telah membuat kita puas? Apa yang membuat kita bahagia?

Semoga tahun-tahun kedepan akan lebih baik dari tahun lalu
posted by kangmasanom @ 1:59 AM   |
About
Kangmasanom sekarang telah menjadiseorang ayah dan saat ini masih tinggal di Pnk

Mau chating dengan kangmasanom yach mau chatting ya kangmasanom
Acak-acak
Artikel Terbaru
Archives
Shoutbox

Holly Qur'an

Deteksi
Ada online

eXTReMe Tracker miniscu Center