Selamat datang di MailCantik.blogspot.com, terima kasih atas kunjunganya dan jangan sungkan untuk kembali lagi
,
Monday, January 16, 2006
Merawat CD
Betapa meringisnya tak kala melihat keping CD VCD dan DVD dikamar keponakan berserakan di kamar. Padahal dahulu saya perlakukan istimewa berharap bisa tetap awet sebelum semuanya saya serahkan untuknya

Nah agar tak terjadi kerusakan pada kepingan ajaib itu kita mestinya

1. Jaga Kesehatan CD or DVD

Perawatan CD/VCD/DVD yang baik biasanya bisa dibaca pada petunjuk setiap kita membeli keping CD/VCD/DVD. Perawatan dasar untuk CD/VCD/DVD adalah tidak memegang CD/VCD/DVD pada permukaannya, tapi peganglah lubang di tengahnya, tidak mencuci CD/DVD dengan air dan sabun biasa, tidak menulisi label dengan alat tulis berujung runcing, dan selalu menempatkan CD/VCD/DVD dalam suhu antara -5 - 55 derajat celcius.

2.Tempat CD/VCD/DVD

Tempat memang perlu banget untuk menjaga koleksi kamu tetap bersih. Selain itu, tempat CD/VCD/DVD juga dapat menghindarkannya dari resiko tergores. Udah diketahui bahwa CD/VCD/DVD yang tergores dapat mengurangi kualitasnya. Kalau tergoresnya hanya sedikit mungkin nggak terlalu berpengaruh, tapi kalau goresan tersebut makin banyak dan parah bisa-bisa CD ROM atau player nggak bisa lagi membaca data yang tersimpan di dalamnya. Kalau sudah begitu, artinya CD/VCD/DVD kamu rusak. Nah nggak mau kan?

3. Jauhkan dari Sinar Matahari

Jauhkan koleksi CD/DVD kamu dari sinar matahari langsung. Kenapa? Karena sinar matahari yang mengenai CD/DVD secara langsung bisa menghilangkan data yang kamu simpan lho.

4. Bersihkan Secara Berkala

Membersihkan CD/VCD/DVD secara berkala sudah menjadi hal wajib. Kalau cuma berdebu, kamu bisa membersihkannya dengan blower, itu tuh alat yang biasa digunakan untuk ngebersihin lensa kamera. Kalau nggak punya, kamu bisa membersihkan menggunakan kain lembut, usapkan secara perlahan dari dalam ke arah luar. Jika sempat, beli juga cairan yang biasa dijual umum untuk membersihkan koleksimu. Tapi yang perlu diingat adalah jangan pernah membersihkan CD/VCD/DVD dengan gerakan memutar.

5. CD/VCD/DVD Holder

Kalau tempat CD/DVD bisa mengindarkan kemungkinan tergores, nah rak yang satu ini dapat membantumu dalam penyimpanan CD/VCD/DVD. Selain koleksimu dapat terlihat rapi, CD Holder juga bisa memudahkanmu mencari CD/VCD/DVD yang ingin kamu putar. Nggak kebayang kan gimana susahnya mencari CD/VCD/DVD yang kamu inginkan kalau koleksi hanya berserakan di kamar?
posted by kangmasanom @ 8:04 AM   |
About
Kangmasanom sekarang telah menjadiseorang ayah dan saat ini masih tinggal di Pnk

Mau chating dengan kangmasanom yach mau chatting ya kangmasanom
Acak-acak
Artikel Terbaru
Archives
Shoutbox

Holly Qur'an

Deteksi
Ada online

eXTReMe Tracker miniscu Center