Selamat datang di MailCantik.blogspot.com, terima kasih atas kunjunganya dan jangan sungkan untuk kembali lagi
,
Sunday, November 27, 2005
Tak korupsi ya keliahatan aneh
Eh gimana cerita sidang mantan Bupati S dan ketua DPRD M yang di duga korupsi itu?Terus kenapa ada korupsi ya?..lontaran temen memulai obrolan terus ada yang nyeletuk lah kan sudah jadi budaya kalau tak ikut korupsi ya malah kelihatan aneh,

Orang pada korupsi Pertama, karena kita memiliki jiwa yang miskin, orang yang berjiwa miskin ini ciri-cirinya adalah dia tidak pernah memikirkan pekerjaan yang menjadi tugasnya, tetapi dia justru sibuk mencari rampasan, kalau sudah begitu tugasnya tentu saja terbengkalai.

Kedua, masyarakat kita juga kurang terlatih untuk memecahkan masalah dengan musyawarah yang betul-betul dari hati ke hati, masalah yang menghadang begitu banyak dan datang silih berganti, tetapi kita lihat, dalam menyelesaikannya lebih sering dengan menggunakan otot, adu kekuatan, saling menjungkirkan, saling menjatuhkan. Adu kekuatan itu membutuhkan dana yang besar. Nah, untuk memperoleh uang banyak itu maka dilakukan korupsi. Mengapa dalam menyelesaikan usaha itu harus berkelahi? Mengapa jika ada perbedaan pendapat kita harus bertarung dengan saudara sendiri? Bagaimana menyikapi masalah, kalau setiap masalah kita harus berkelahi dan selalu dengan cara kekerasan? Kita harus membiasakan diri berdialog untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada.

Ketiga, adalah karakter yang sulit untuk menerima orang lain maju. Ketika kita melihat orang lain maju, bukannya malah bersyukur tetapi malah timbul iri dan dengki. Keberhasilan orang lain seharusnya memacu kita untuk berkerja keras, bukan memacu kita untuk mengumpulkan kekayaan dengan sumber manapun termasuk dengan cara korupsi. Kita harus belajar melihat orang lain yang berpotensi dan membantunya untuk maju. Hidup ini indah. Maka jangan kotori dengan prilaku yang rendah derajatnya seperti iri dan dengki. Allah berfirman dalam QS. Al- Hujarat: 12 " ..... jangan kamu berburuk sangka kepada orang yang beriman, dan janganlah menggunjingkan satu sama lain."

Keempat, kita belum mempunyai budaya kerja keras. Di negara ini segala kegiatan kebanyakan berorientasi pada cara untuk mendapatkan uang dengan mudah. Bagaimana cara mendapatkan uang tanpa perlu kerja keras, itu yangs elalu menjadi tolak ukur. Sementara mereka yang bekerja keras terkadang justru malah tersingkir secara menyakitkan. Itulah yang membuat korupsi begitu mengakar dinegara kita ini.
posted by kangmasanom @ 5:11 AM   |
About
Kangmasanom sekarang telah menjadiseorang ayah dan saat ini masih tinggal di Pnk

Mau chating dengan kangmasanom yach mau chatting ya kangmasanom
Acak-acak
Artikel Terbaru
Archives
Shoutbox

Holly Qur'an

Deteksi
Ada online

eXTReMe Tracker miniscu Center