Selamat datang di MailCantik.blogspot.com, terima kasih atas kunjunganya dan jangan sungkan untuk kembali lagi
,
Friday, November 11, 2005
Sukses Memecahkan Masalah Hidup
SETIAP orang tak pernah lepas dari masalah kehidupan. Orang kaya akan bermasalah dengan kekayaannya. Orang miskin akan bermasalah dengan kemiskinannya. Demikian juga orang sakit, orang sehat, orang muda, dan orang yang sudah tua, akan bermasalah dengan sakitnya, sehatnya, mudanya, dan tuanya. Bahkan orang mati pun masih bermasalah bagi yang hidup.

Di satu sisi manusia selalu bermasalah, sedangkan di sisi lain manusia ingin mencapai kebahagiaan, baik di dunia maupun di akhirat. Untuk menjaga eksistensi kemanusiaan dan eksistensi kebahagiaan hidup manusia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dijalankan oleh manusia. Jika hal-hal ini dijalankan oleh manusia dengan landasan keimanan, maka setiap masalah yang menimpanya akan dapat dipecahkan, dan sekaligus akan menjadi rahmat baginya.

Pertama, siap menghadapi ujian. Setiap manusia akan diuji oleh Allah Swt. untuk membuktikan dan meningkatkan kualitas dirinya. Ujian dalam hidup ada dua macam, yaitu ujian yang sifatnya mengenakkan berupa kenikmatan dan yang menyakitkan berupa cobaan. Ketika kita diuji oleh hal-hal yang mengenakkan, kita tidak boleh ujub, riya, dan takabbur. Kita harus bertafakkur dan bersyukur atas nikmat dan karunia tersebut. Ketika kita diuji dengan cobaan dan hal-hal yang tidak mengenakkan, kita tetap tabah dan tawakkal serta tidak berputus asa. Semua permasalahan dikembalikan kepada yang Mahakuasa.
Allah Swt. berfirman "Boleh jadi yang kamu anggap buruk dan kamu benci itu adalah baik bagi kehidupanmu, dan boleh jadi yang kamu anggap baik dan mengenakkan kamu itu adalah buruk bagi kehidupanmu (Al-Quran).


Kedua, rela menerima apapun yang menimpanya. Setiap yang dijalaninya ia terima dengan senang hati. Ia menjauhkan diri dari sifat penyesalan, kekecewaan, apalagi sifat menyalahkan orang lain. Sukses ataupun gagal, ia tetap menerimanya dengan hati yang tulus dan ikhlas, karena semua yang menimpanya itu berasal dari Allah Swt. Contoh lain, ketika kita diberi cobaan berupa sakit, kita harus menerimanya dengan ikhlas. Jangan merasa rendah diri atau merasa hanya sendiri yang sakit. Masih banyak orang lain yang menderita sakit, bahkan lebih parah dari kita.

Ketiga, jangan mempersulit diri. Setiap masalah atau kesulitan yang menimpanya jangan didramatisasi seolah-olah tidak mampu lagi menanganinya. Kita harus yakin bahwa setiap kesulitan itu ada jalan keluarnya. Allah sendiri telah memberi jaminan kepada umatnya bahwa Ia tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuannya (Al-Quran). Bahkan lebih dari itu, Allah berfirman,
"Setiap satu kesulitan diiringi dengan dua kemudahan". Dengan demikian, tidak ada masalah yang tak dapat dipecahkan dengan baik.


Keempat, setiap masalah yang menimpa diri kita jadikan untuk mengoreksi diri. Masalah yang menimpa kita pastilah beragam jenisnya. Apapun jenis masalah yang menimpa kita tersebut, jika kita sikapi dengan sabar, benar, dan dewasa maka permasalahan itu pun akan dapat dilaluinya dengan baik. Dan ketika masalah yang menimpat diri kita lalu kita jadikan sebagai bahan renungan, kajian, dan evaluasi diri, maka hasilnya akan lebih baik lagi. Kita akan sampai pada derajat yang unggul dalam imtaq dan iptek (SDM).

Kelima, jika ditimpa masalah jangan bersandar kepada selain Allah. "Hanya Allah tempat meminta" (Al-Quran). Apapun yang menimpa diri kita, sandaran vertikal kita hanya Allah Yang Mahaesa, Allah sang Pencipta, Allah sang Pengabul doa. Dan ketika hal ini dilakukan, yang terjadi dan yang kita dapatkan adalah ketenangan, ketentraman, kebenaran, kebahagiaan, dan kemenangan. Sebaliknya, jika kita bersandar kepada selain Allah, maka penyesalan dan kekecewaan yang akan kita dapatkan. Betul bahwa kita harus saling menolong dengan sesama makhluk. Tetapi semua itu hanya wujud hablumminannas (kebaikan antarsesama) yang merupakan wasilah/sarana pengabdian untuk mencapai keridlaan Allah.
posted by kangmasanom @ 1:15 PM   |
About
Kangmasanom sekarang telah menjadiseorang ayah dan saat ini masih tinggal di Pnk

Mau chating dengan kangmasanom yach mau chatting ya kangmasanom
Acak-acak
Artikel Terbaru
Archives
Shoutbox

Holly Qur'an

Deteksi
Ada online

eXTReMe Tracker miniscu Center