Selamat datang di MailCantik.blogspot.com, terima kasih atas kunjunganya dan jangan sungkan untuk kembali lagi
,
Saturday, November 12, 2005
Pertanyaan Favorit Orang Tua!
Kadang saya merasa begitu frustrasi. Apakah ini normal?

Ya. Semua orang tua pasti pernah merasa frustrasi. Mengurus anak memang memerlukan waktu yang lama dan energi. Mengasuh anak jadi terasa lebih berat begitu Anda punya masalah dalam kehidupan Anda sendiri. Misalnya, masalah di kantor, keuangan, atau hubungan dengan pasangan.

Karena itu, untuk menjadi orang tua yang baik dan efektif, Anda harus pandai-pandai menjaga diri sendiri. Dengan kata lain, dapat menolong atau mengatasi masalah Anda sendiri.

Apa yang harus dilakukan jika merasa frustrasi?

Beristirahatlah. Setiap orang membutuhkan istirahat dari tugasnya sebagai orang tua. Jika Anda punya pembantu atau orang dewasa lainnya yang bisa dipercaya menggantikan tugas Anda sementara, jangan sia-siakan kesempatan itu. Contohnya, minta pasangan menjaga anak-anak dan Anda dapat pergi dengan teman-teman untuk beberapa saat. Jika Anda berstatus orang tua tunggal, minta tolong pada teman atau saudara untuk menggantikan tugas Anda untuk beberapa saat.

Kadang saya kehilangan kesabaran lalu marah. Apakah itu berarti saya orang tua yang tidak baik?

Tidak. Banyak orang tua hilang kesabaran menghadapi anak-anaknya. Boleh-boleh saja marah, tapi jangan sampai memukul atau "mengusir" anak. Jika merasa benar-benar marah, beristirahat dan menjauhlah dari anak. Tarik napas dalam-dalam, telepon teman untuk menenangkan diri, atau kerjakan sesuatu yang membuat Anda sibuk dan melupakan kemarahan. Jika hampir setiap hari merasa ingin marah, susah mengontrol emosi, mungkin Anda perlu pertolongan. Coba bicarakan hal ini dengan dokter atau psikolog.

Bolehkah memukul anak?

Memukul bukan suatu tindakan yang terbaik untuk mengajarkan disiplin pada anak-anak. Tujuan dari disiplin adalah mengajar anak agar dapat mengontrol diri sendiri. Memukul hanya membuat anak berhenti berbuat karena takut. Ada jalan yang lebih baik agar anak menjadi disiplin.

Cara yang terbaik untuk mengajar anak adalah "mengalihkan". Ketika mengalihkan anak, berarti Anda mengubah kelakuan buruk yang tidak dapat diterima dengan kelakuan yang baik. Contohnya, jika anak melempar bola di dalam rumah dan Anda tidak setuju, ajak dia keluar dan ajak ia main lempar bola di halaman.

Untuk anak yang sudah agak besar, jelaskan baik-baik padanya. Perlihatkan akibat dari tindakannya dan beri sanksi atas perbuatannya. Contohnya, anak diberi tugas menyiapkan peralatan makan malam tapi dia tidak melakukannya. Nah, saat dia minta makan, katakan padanya untuk menunggu karena tugasnya tidak dilakukan dan sebagai gantinya dia harus membereskan meja usai makan malam.

Bagaimana caranya menjadi orang tua yang baik?

Tidak ada cara yang baik untuk membesarkan anak dan tidak ada seorang pun bisa menjadi orang tua yang sempurna. Begitu pula tak ada seorang anak pun yang sempurna. Tetapi ada beberapa petunjuk agar anak tumbuh dengan sehat dan bahagia.
posted by kangmasanom @ 1:32 AM   |
About
Kangmasanom sekarang telah menjadiseorang ayah dan saat ini masih tinggal di Pnk

Mau chating dengan kangmasanom yach mau chatting ya kangmasanom
Acak-acak
Artikel Terbaru
Archives
Shoutbox

Holly Qur'an

Deteksi
Ada online

eXTReMe Tracker miniscu Center