Selamat datang di MailCantik.blogspot.com, terima kasih atas kunjunganya dan jangan sungkan untuk kembali lagi
,
Wednesday, February 16, 2005
Marah di kendalikan dong...
Marah atau sering disebut amarah, merupakan salah satu bentuk emosi manusia yang sepenuhnya bersifat normal dan sehat, yang pernah dialami oleh setiap orang. Akan tetapi bila tidak dikendalikan dengan tepat, marah bisa bersifat destruktif yang berpotensi menimbulkan masalah yaitu merusak sendi kehidupan di lingkungannya, misal di dalam keluarga, di tempat kerja, serta dapat menggangu hubungan interpersonal.

Hal positif dari marah adalah untuk melepaskan beban emosi yang berat, hingga setelah melampiaskan marah merasa lega.Kenyataannya rasa lega itu bersifat sementara, biasanya diikuti dengan rasa tertekan karena merasa tidak mampu berinteraksi secara baik dengan orang lain. Padahal dengan kesadaran dan kemauan, rasa marah bisa dikendalikan atau dilampiaskan dengan cara yang tepat.

Tanda seseorang yang tak dapat mengendalikan marah adalah mengomel, menggerutu, ngambek atau menarik diri dari pergaulan, berteriak-teriak, mencaci maki, merusak barang-barang yang ada didekatnya, melakukan kekerasan terhadap orang yang dimarahi. Mereka ini tidak dapat mengambil hikmah dari situasi yang tidak menyenangkan dan menjadi marah ketika situasi "tidak berpihak" mereka seperti ketika sedang dikritik atau ditegur karena melakukan suatu kesalahan.
Tanda seseorang yang dapat mengendalikan marah, bersikap toleransi terhadap keadaan yang tidak menyenangkan, dan ungkapan marah hanya diwujudkan dengan menggerutu atau mengeluh, tanpa merugikan atau merusak suasana d lingkungannya

Faktor penyebab seseorang memiliki pembawaan pemarah yaitu:

1.Genetik, yaitu sifat yang dibawa sejak lahir Latar belakang keluarga, yang menunjukkan adanya proses keteladanan dari lingkungan keluarga, missal orang tua yang mudah marah, lingkungan keluarga yang berantakan.

2.Sosial-Budaya, yaitu kebiasaan dari masyarakat yang mengajarkan untuk meluapkan kecemasan, depresi atau emosi yang lain untuk menjaga martabat keluarga atau masyarakat.


Dalam hidup tak mungkin untuk menghindar dari sesuatu yang menjadi penyebab kemarahan, karena kita tak dapat mengubah orang lain atau suasana lingkungan. Yang dapat kita lakukan adalah mengubah pikiran dan perasaan diri sendiri. Cara yang dapat kita lakukan adalah mengendalikan emosi dengan:

a.Mengekspresikan kemarahan secara asertif, yaitu dengan belajar bagaimana cara mencapainya tujuan atau memperoleh kebutuhan tanpa menyakiti orang lain. Ini berarti menghormati diri sendiri dan orang lain.

b.Mengalihkan rasa marah, yaitu berhenti memikirkan hal yang bisa membuat marah dan mencoba mengalihkan pada sesuatu hal yang positif. Akan tetapi dengan sikap jika faktor pemicu kemarahan banyak dapat menimbulkan rasa tertekan atau sering menyebabkan hipertensi

c.Menenangkan diri, dengan cara menarik nafas dalam-dalam dan mencoba meredakan emosi dengan melakukan relaksasi

d.Menciptakan humor untuk menyelesaikan masalah

f.Mengubah cara pandang dengan berpikir secara positif dan logis

g.Menyelesaikan masalah secara tuntas, terutama untuk masalah yang disebabkan dari dalam diri sendiri

h.Melatih berkomunikasi dengan baik, sehingga dapat menghadapi perbedaan pendapat, bersedia menjadi pendengar, tidak memaksakan kehendak pada orang lain.

i.Mengubah lingkungan, yaitu dengan mengubah tatanan rumah atau kantor yang dapat menghilangkan suasana jenuh

j.Meminta pendapat pakar psikologi, terutama bagi yang sulit mengendalkan amarah karena mempunyai masalah yang tidak dapat diselesaikan

k.Mendekatkan diri pada Tuhan, merupakan cara yang terbaik ketika mengalami kesulitan untuk mengendalikan marah. Dengan doa dan zikir yang sungguh-sungguh, akan mendapat ketenangan batin sehingga dapat berpikir secara jernih dalam menghadapi permasalahan tanpa melampiaskan dengan marah
posted by kangmasanom @ 10:23 PM   |
About
Kangmasanom sekarang telah menjadiseorang ayah dan saat ini masih tinggal di Pnk

Mau chating dengan kangmasanom yach mau chatting ya kangmasanom
Acak-acak
Artikel Terbaru
Archives
Shoutbox

Holly Qur'an

Deteksi
Ada online

eXTReMe Tracker miniscu Center