Selamat datang di MailCantik.blogspot.com, terima kasih atas kunjunganya dan jangan sungkan untuk kembali lagi
,
Tuesday, June 08, 2004
muslim02
KEROHANIAN / MUSLIM 02


KETIDAK PASTIAN

Ketidakpastian bukan untuk dihindari tetapi untuk kita atasi. Allah menciptakan ketidakpastian, tentu saja kita sudah diberi potensi untuk bisa mengatasinya. Ingat selalu bahwa Allah tidak akan memberikan tugas kepada kita yang diluar kesanggupan kita.

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (QS.Al-Baqarah:286)

Apa potensi yang telah Allah berikan kepada kita untuk mengatasi ketidakpastian tersebut? Akal dan hati.

Dengan akal Anda akan mencari cara lain saat satu cara tidak berhasil. Dengan kata lain salah satu cara kita bisa mengatasi ketidakpastian ialah dengan kreatifitas kita. Kita perlu melatih kreatifitas kita agar lebih banyak lagi ide-ide yang bisa kita gunakan atau kita pilih untuk mengatasi ketidakpastian.

Sering orang beranggapan bahwa kalau dia tidak kreatif.
Saya ulangi disini bahwa kreatifitas bisa dipelajari.

Yang kedua adalah hati. Jika hati Anda bersemangat untuk mencapai sesuatu, anda akan terus bekerja dengan penuh ketekunan. Anda akan tekun mencari solusi-solusi baru dan dengan tekun pula menerapkan solusi baru tersebut.

Ketidakpastian selalu menyertai kita, jangan lari, percuma. Yang perlu dilakukan ialah gunakanlah kreatifitas Anda untuk mencari solusi-solusi baru dan tetaplah semangat untuk mengaplikasikan solusi-solusi tersebut. Sisanya kita serahkan kepada Allah SWT

PANGGUNG SANDIRAWA

Dunia ini panggung sandiwara" Anda pernah mendengar lirik ini? Yah, lirik ini dari sebuah lagu rock. Kata lagu ini hidup kita memiliki peran-peran yang kadang kocak atau ada juga menyedihkan. Memang setiap kita memiliki peran-peran yang kita mainkan dalam hidup ini. Tetapi bukan peran seperti dalam sebuah sandiwara. Peran kita ialah peran yang menunjukan posisi kita dalam kehidupan.

Banyak sekali peran-peran tersebut, seperti dalam keluarga kita berperan sebagai orang tua, sebagai kepala keluarga, sebagai anak. Dalam masyarakat pun kita memiliki peran, setidaknya peran sebagai warga. Kita juga memiliki peran sebagai profesional, penegak hukum, dan sebagainya. Ada peran yang secara default melekat pada setiap muslim, yaitu peran sebagai seorang da'i. Kita tidak bisa menghindar karena perintah dakwah ditujukan bagi setiap muslim.

Dakwah bukan hanya berarti memberikan ceramah di atas mimbar, dakwah lebih pada mengajak orang kepada kebaikan dan mencegah kepada kemungkaran. Apapun bentuknya. Apapun peran yang kita jalani bisa menjadi wadah atau alat untuk kita menjadi seorang da'i.

Semakin strategis peran kita, akan semakin besar membawa dampak dalam dakwah kita. Sebagai contoh mana yang akan berpengaruh antara seorang RT dan seorang gubernur jika mereka memerintahkan sebuah tempat maksiat ditutup? Jadi tidak ada masalah jika Anda memiliki obsesi untuk menjadi gubernur jika memang niat Anda untuk lebih berpengaruh dalam amar ma'ruf dan nahyi munkar. Namun hati-hati syaithan pun tidak akan tinggal diam.

Jika Anda kebetulan sudah memiliki peran yang cukup strategis dalam membantu dakwah, Anda harus memiliki obsesi untuk memanfaatkan peran Anda itu sebaik mungkin. Pertahankan peran itu dan jangan sampai diisi oleh orang yang memiliki obsesi buruk misalnya hanya untuk mengeruk kekayaan. Jika peran-peran strategis diduduki oleh orang yang memiliki obsesi buruk maka hidup akan terbawa buruk.

ASPEK KEJUJURAN DALAM ISLAM

1.Jujur dalam kehidupan sehari-hari;

merupakan anjuran dari Allah dan Rasulnya. Banyak ayat Al Qur'an menerangkan kedudukan orang-orang jujur antara lain: QS. Ali Imran (3): 15-17, An Nisa' (4): 69, Al Maidah (5): 119. "Wajib atas kalian untuk jujur, sebab jujur itu akan membawa kebaikan, dan kebaikan akan menunjukkan jalan ke sorga, begitu pula seseorang senantiasa jujur dan memperhatikan kejujuran, sehingga akan termaktub di sisi Allah atas kejujurannya. Sebaliknya, janganlah berdusta, sebab dusta akan mengarah pada kejahatan, dan kejahatan akan membewa ke neraka, seseorang yang senantiasa berdusta, dan memperhatikan kedustaannya, sehingga tercatat di sisi Allah sebagai pendusta" (HR. Bukhari-Muslim dari Ibnu Mas'ud)



2. Kejujuran dan kebohongan dalam kehidupan politik;

"Ada tiga kriteria manusia yang tidak dilihat dan disucikan Allah swt. di hari akherat bahkan bagi mereka adzab yang pedih adalah: Orang sudah tua yang berzina, Pemimpin yang berdusta, dan Orang sombong.

Adapun kebohongan yang diperbolehkan dalam kaitan untuk kegiatan berpolitik, yaitu apabila kebohongan itu bisa meredam keributan sosial agar tidak terjadi perpecahan. Dalam hal ini Rasulullah saw. memberi keringanan pada suatu kebohongan kecuali tiga masalah: Seseorang yang membicarakan masalah dengan maksud mengadakan perbaikan (Islah); seseorang membicarakan masalah pada saat konflik perang (agar selamat), dan seseorang yang merayu istrinya begitu juga istri merayu suami.(HR. Muslim) "Bukanlah pendusta orang yang ingin melerai konflik sesama, hingga orang tersebut berkata: semoga baik dan menjadi baik" (HR. Mutafaq Alaih)


PETUAH MENJADI LELAKI PILIHAN

Ciri-ciri lelaki pilihan
1. Taat kepada Allah dan Rsul-Nya2. Mempunyai ilmu pengetahuan agama
3. Bekerja menyeru manusia kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran
4. Mempunyai sifat berjuang mencapai kecemerlangan dalam hidup
5. Sentiasa membersihkan dirinya daripada sebarang kemungkaran
6. Selalu bertaubat dan memperbanyakan amalan-amalan sunat
7. Tidak mengharapkan balasan atau pujian apabila melakukan sesuatu
8. Tidak takut kepada cercaan orang yang suka mencela
9. Mengetahui dan faham serta mengamalkan segala kewajipannyadengan baik
10. Bersifat lapang dada, penyantun dan pemaaf
11. Berhemah tinggi dan cermat
12. Sentiasa tenang dan waspada
13. Jika ia berkahwin, dia dapat melayan isteri dengan baik kerana sebaik-baik suami adalah suami yang paling baik terhadap isteri



Lelaki pilihan wanita
1. Bersifat pelindung dan bertanggungjawab
2. Bersifat tegas tetapi lemah lembut dan penyayang
3. Berpendirian teguh
4. Bersikap terbuka dan matang
5. Bertimbang rasa dan memahami jiwa wanita
6. Mempunyai sifat kepemimpinan.
7. Boleh berbincang dan berterus terang
8. Penyabar
9. Mempunyai perancangan dan matlamat hidup yang baik dan jelas
10. Cerdik dan bijaksana
11. Peramah dan mesra
12. Kerjaya yang terjamin
13. Berwawasan untuk kesejahteraan dunia dan akhirat.


PETUAH MEMILIH WANITA IDAMAN


Tidak semua orang dapat memilih pasangan hidupnya sesuai dengan keinginannya. Tetapi ramai juga yang pandai menyesuaikan diri dengan pasangannya walaupun tidak menepati ciri-ciri wanitaidamannya.

PERJALANAN

sebuah perjalanan telah kembali dimulai
langkah-langkah berat mulai terasa
ada getar serupa ketakutan
mungkin rasa cemas yang berlebihan
seekor semut melintas tibatiba
ada yang terlupa dari kisah ini, sebuah janji
untuk tetap mencari meski pencarian
itu sendiri memang takkan pernah selesai

rentangkan tangan, lalu terbang!
ke dasardasar hati paling dalam
ke lekuklekuk rasa paling sempit
ke samudera luas bernama hidup

CEMBURU

Teryata ada juga getar getar aneh tiba tiba menyelimuti diri ketika kulihat nama dia.kudengar betapa mesaranya dia.... bukankah itu kekasihku kenapa dengan yang lain begitu .......cemburukah ini....seperti sering kalimat yang akan keluar kalo sedang jatuh cinta ,pujanyaa lagi dengan yang lain... UPsst..
Boleh cemburu tapi jangan kelawat membabi butaa... dongss........ bahaya oey.. sabar aja dech....jodoh tak akan kemana.. tahu endak sec cemburu ituu temenya iri........ hiiiiiiiiiii ...IRI... kalo udah ke Iri lebih Gawaswats .. ehmm Iri punya temen lagi yang di sebut Dengki................. hiiiii ini lebih serem lagi... kalo udah dengki kebaikan setingi gunung seluas samudra tak akan ada artinya sama si Dengki,dia buta semua dilahap habis dengan yang namanya Dengki.. maka hati hati bila kita cemburu jangan sampai terperosok ke Iri apalagi Dengki.......












posted by kangmasanom @ 7:20 AM   |
About
Kangmasanom sekarang telah menjadiseorang ayah dan saat ini masih tinggal di Pnk

Mau chating dengan kangmasanom yach mau chatting ya kangmasanom
Acak-acak
Artikel Terbaru
Archives
Shoutbox

Holly Qur'an

Deteksi
Ada online

eXTReMe Tracker miniscu Center