Selamat datang di MailCantik.blogspot.com, terima kasih atas kunjunganya dan jangan sungkan untuk kembali lagi
,
Saturday, June 05, 2004
KEHIDUPAN INI 03
KEHIDUPAN INI 03


UANG.

Kalau punya uang hidup ini lebih gampang,bisa lebih banyak mengenal kehidupan.Hemat tidak perlu.Borospun jangan,Pakailah uang kalau perlu.Uang itu yang perlu bukan untuk di simpan,tapi di cari,Pengeluaran uang harus diatudr.

Mencari uang adalah pekerjaan otak dan di atur oleh perasaan(hati).Mencari uang tanpa di atur oleh hati berbahaya merugikan orang lain,mengabaikan etika dan hukum.Mengeluarkan uang adalah pekerjaan perasaan(hati)dan harus diatur oleh otak.Mengeluarkan uang tanpa di atur oleh otak,membuat hidupmu berantakan tanpa cadangan dan rencana.

APAKAH KAMU SALAH

Jangan segan segan meminta dan memberi maaf pada setiap kesalahan.Berbuat kesalahan adalah manusiawi.Berbuat kesalahan yang sama lebih dari sekali adalah kebodohan.
Minta maaf saja dia tidak mau!…Jangan remehkan suatau permintaan maaf.Kadang kadang bagi orang orang tertentu lebih baik mati dari pada minta maaf.(audzubilahimindzalik)Maaf bukan barang murah,Karena itu jangan suruh mereka meminta maaf kepadamu.itu berarti kamu minta barang mahal.Cepat lambatnya meminta maaf atas kesalahan itu sebanding dengan tingi rendahnya budaya seseorang.
Tapi yang terpenting adalah meminta maf pada dirimu sendiri(bertaubat) dan maafkanlah orang lain,dan sebelum orang itu berniat meminta maaf.Memaafkan orang melegakan diri sendiri.

SOMBONG

Orang sombong sebenarnya adalah orang yAng berjiwa kecil,berpandangan sempit, dia kira,dia atau miliknya adalah segala galanya.Orang sombong tidak tahu kalu didunia ini semua ada bandinganya,yaitu relatif……….Orang sombong akan bingung bila dihadapkan pada persoalan yang lebih besar.Orang sombong akan kejam terhadap orang orang kecil,dan menjilat pada orang orang yang lebih tinggi.

FANATIK.

Orang fanatik itu berpandangan sempit,orang fanatik itu membutakan diri sendiri dari realitas,orang fanatik itu tidak realistik,orang fanatik itu tidak toleransi, orang fanatik itu tidak menyenagkan,orang setia tidak perlu fanatik.



MEMBERI.

Biasakanlah memberi,bukan meminta,memberi membuat diri lebih bijaksana,lebih merasa sesama,terhadap orng lain dan masyarakat.Meberi dengan rela,membuaah kan kepuasan.Menwarkan pemberian tanpa diminta adalah yg tertinggi.Berikanlah pada yang lebih membutuhkan,jangan meberi sebagai sogokan!…

MEMINTA.

Meminta menunjukan kelemahan,meminta hanya memikirkan diri sendiri,meminta sekali,hanya karena terpaksa,meminta berkali kali menyebalkan,terlalu banyak meminta,menuntut,membuat orang rakus,egois,asosial dan anti sosial.meminta yang benar hanya kepada Alloh Swt bukan sesama manusia.

MEMAKSA.

Jangan memaksakan pertemuan dua benda,dua hal,dua keadaan dengan gap yang cukup luas sehingga melampaui batas kemampuan toleransi mereka.Kalu toh dipaksa pasti merusak keduanya,retak retak,luka dimana mana atau patah sama sekali,Dua benda dengan gap yang luas perlu cara khusus untuk mempertemukannya atau perlu benda ketiga yang menjembatani.Cara khusus dikuasai oleh spesialis.

BERTANYA.

Bertanya bisa karena tidak tahu,bisa karena menguji,bisa juga untuk menyadarkan orang lain atau diri sendiri.Hanya bertanya karena tidak tahu yangbisa di ajukan kepada setiap orang .Bertanya adalah jalan pintas,bertanya menghemat energi.Bertanya sedikit menyengkan,bertanya banyak menyebalkan.Bertanya harus membayar dengan terima kasih atau uang.

MENJAWAB

Jawablah pertanyaan tanpa curiga,hilangkan pikiran kalau si penanya sedang menguji atau menyadarkan kita,sampa kita yakin bahwa maksudnya memnag begitu.Jawablah secukupnya,jangan menjerumuskan,Boleh bohong bila sangat pribadi dan kita tidak tergantung dia.Kita punya hak untuk tidak menjawab.

UNTUK ORANG MUDA

Sikecil dipersiapkan jadi orang muda,Situa pembimbing orang muda,atau hanya sisa sisa orang muda(maaf bila tak sopan),Tetapi sering orang muda sering tidak tahu memnafaatkan haknya dan sering pula orang tua terlalu banyak menguasai dan mengurangi kesempatan orang muda.

ANAK PADA ORANG TUA

Sebagai anak kita sangat tergantung pada orng tua,selama itu angaplah sebagai masa persiapan,sampai kita bisa hidup mandiri.Didalam masa persiapan ini,manfaatkan situasi dan sarana yang di berikan orang tuan kita sebaik baiknya dan jangan menghayal yang bukan bukan.Biarlah selera pandangan orang tua dengan kita semua itu adalah normal.Pandangan dan seleramu mungkin akan ditolaknya,tapi kita harus tetap mengikuti,ikut menikmati pandangan dan selera mereka,selama kita masih ikut padanya.Orang tua adalah orang yang paling mencintai kita. Maka cintailah dan hormatilah mereka,sekalipun mereka kemudian tidak berdaya.Bila kita sudah dewasa kita boleh tentukan selera dan pandangan kita masing masing tanpa perlu merengek rengek kebaikan orang tua kita.

UNTUK OARNG LAIN

Kita boleh berbuat apa saja asalkan untuk kebahagiaan oarng lain dan tidak merusak diri sendiri.Berfikirlah kembali apa sedang tidak merusak diri sendiri?…Tolonglah mereka yang lemah,mereka yang kesukaran,sejau tidak membuat kita kesukaran seperti orang itu.Orang lain itu untuk ditolong bukan digarap.Setiap orang mempunyai tempat dan harga dir masing masing.Hormati mereka sesuai dengan tempampatnya. Jangan sampeikita sakiti mereka.Lebih baik mengangap orangterlalu tinggi dari pada mengagap terlalu rendah,jangan hina orang lain karena mereka juga punya harga diri..

PENIPUAN

Bila kita di tipu,jangan kecil hati,semua orang bisa kena tipu,MENIPU yang harus dihindari…!Begitu juga memfitnah, mencuri,merampok,melukai,membunuh,JANGAN sekali kali kita lakukan.Tetapi sebaliknya,difitnah,dicuri,dirampok,….dsb kita tidak salah,kita hanya bisa berjaga jaga atau menagulanginya.

HAK & KEWAJIBAN

Banyak hal didunia ini,merupakan keseimbangan timbal balik,begitupula dengan hak dan kewajiban,kalu kita minta hak,renungkanlah kewajiban kewajiban apa yng sudah atau akan kita lakukan,terlalu banyak memberi kewajiban hanya membuat mereka menjadi budak.Jangan meminta terlalu banyak karena sebenarnya yang kita perlukan hanya sedikit

PERKAWINAN

Perkawinan adalah bertemunya dua pribadi laki laki dan perempuan yang dilegalisir oleh hukum agama dan hukum negara.Dua kepribadiuan yg sudah terbentuk sedemikian rupa ,menurut pola sendiri sendiri,Dua kepribadian yang berbeda,dua manusia yang berbeda.Menyamakan dua kerpibadian itu sangat suka atau tidak mungkin.Sedangkan menyatukamnya hal yg relefan, cock tidak cocknya hanya dapat di terima atau di tolak bersama individunya.Pola perkawinan hanyalah kerja sama bukan persamaan atau kuasa menguasai.

DASAR PERNIKAHAN

Dasar pernikahan adalah cinta,kemesraan,dan tangung jawab serta agama.Dengan waktu kemesraan cenderung berkurang dan tangung jawab bertambah,karena itu yang perlu diusahakan adalah pertahankan kemesraan sepanjang perkawinan.Kalau kemesraan hilang,tanggung jawabpun tidak ada,maka perkawinan tidak ada artinya,hancur atau sandiwara.Perkawinan tanpa cinta mestinya bukan perkawinan tetapi,….Perusahan…. Bila dianggap sebagai sumber penghasilan……Panti asuhan…bila dianggap sebagai curahan rasa belas kasihan..Perburuan…Perbudakan..bila diangap sebagai pelayan,pekerja dalam rumah atau usaha.

KEMATIAN

Suatu saat akan datang kita harus mati,kita terpaksa mati,itu kewajaran,Tidak penting mengapa kita mati,tetapi lebih penting bagaimna mengisi hidup ini sebelomnya.!
Mati….kita bukan apa apa lagi,mungkin kita dikenang, mungkin diumpat, mungkin disanjung,mungkin dilupakan tapi itu bukan urusan kita… itu urusan mereka.Yang terpenting kita isi hidup ini dan bertangung jawab kepada Alloh Swt untuk hidup dialam selanjutnya..


posted by kangmasanom @ 7:12 AM   |
About
Kangmasanom sekarang telah menjadiseorang ayah dan saat ini masih tinggal di Pnk

Mau chating dengan kangmasanom yach mau chatting ya kangmasanom
Acak-acak
Artikel Terbaru
Archives
Shoutbox

Holly Qur'an

Deteksi
Ada online

eXTReMe Tracker miniscu Center