Selamat datang di MailCantik.blogspot.com, terima kasih atas kunjunganya dan jangan sungkan untuk kembali lagi
,
Wednesday, June 30, 2004
gemerlap

Gemerlap kota diwaktu malam
Mendaki tembok -tembok terlarang
pemamdangan alam yang mengiurkan
kemegahan kota terlarang
Ehm... begitu berjubel merebutkan
tuk seonggok air buangan
seserpih debu debu melelapkan
atau sekedar cicipin sepotong daging berkuman
Mengapa mereka saling berlombah mempertarukan?

posted by kangmasanom @ 8:55 AM   |
Tuesday, June 29, 2004
al hadist

Ya Alloh sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa hati hati ini berhimpun dalam cinta padaMU,Telah berjumpa dalam taat pada-MU,telah bersatu dalam dakwahMU,telah saling berjaji untuk membela syariatMU.Maka kokohkanlah jalan-jalanya,penuhilah hati hati ini dengan Nur CahayaMu yang tak pernah pudar

posted by kangmasanom @ 7:42 AM   |
Monday, June 28, 2004
cerpen sms
bikin cerpen sms aach..

Thiung....thiung..,thing...."Ouw!itu suara poncelku jika menerima SMS.Aku mulai gelisah,cemas,dan merasa kesepian,Aku meridukanmu!" Oh...,aku juga.." "aku yakin sangat mencintaimu."Rasanya aku juga...""Oh ya?Kita menikah aja,ya?.."Ehm...secepat ini kau buat keputusan?Aku takut kau mabuk.".."Mabuk?Aku tak suka minum."Mabuk asmara maksudku,"Ah,..percayalah padaku.Aku percaya...."Tetapi kapan kita akan menikah?....."Sekarang juga!" Ha....?Sekarang...?Ya,Kunikahi kau dengan segenap cintaku.Tak sabar lagi tuk memangilmu sebagai istriku."..Ya kuterima cintamu.Aku bersedia menjadi istrimu,suamiku!..."Oh.Istriku....!""Ya suamiku....!" Aduh.........he he he.. cuma melamun rupanya ha ah ha ha

posted by kangmasanom @ 3:18 AM   |
Sunday, June 27, 2004
namaku

Jangan pandang sebelah mata arti sebuah nama,
karena disana tersimpan sebuah harapan ayah bunda,Nama merupakan untaian sebuah doa yang tercurah untuk buah hati sepasang manusia
,maka jagalah warisan pertama itu yang tak ternilai harganya,dan jangan kau ganti meski dibeli dengan sederet julukan nama raja atau dewa.

posted by kangmasanom @ 1:35 AM   |
Saturday, June 26, 2004
PROTES KULONTARKAN

NAMAKU PASARAN PROTES KULONTARKAN



Pernah berfikir Nggak suka nama pemberian orangtua?Nggak pernah..(62,5%) pernah....(37,5%)
Alasaan dak suka?Banyak yang memakai nama itu....(48%)Nggak punya arti...(16%)nggak lazim...(8%)
Pendapat apalah arti sebuah nama?Setuju...(70%)Nggak setuju.....(30%)
Anakmu kelak akan diberi nama apa?Nama arab....(45%)Nama lokal...(30%)Nama barat...(25%)


Tampaknya masih ada responden(37,5%) yg kurang iklas dengan nama pemberian orang tua,mereka pernahberfikir tak suka nama pemberian orang tuanya.apa alasan mereka=

*Banyak yag pakainama itu sec...apalagi ketika namau dipangil
banyak yang meneoleh,wuih...akukan jadi sebel dan malunya ituloh,"cetus dedy.Senada dikatakan ratna,tapi biar sajalah namaku pasaran yang pasti aku suka nama Ratna karena artinya intan/permata ehm...Herman,mengaku sejak smp udah dak demen ama namanya,dan sudah pernah melancarkan protes ke ortunya,eeh sama ortu dijawab singkat aja apalah arti sebuagh nama. habis itu aku tak beraniprotes lagi pasrah dec,,lain lagi si Neli walau sudah sejak SMP memedam kekesalan,tapi dak berani protes ama bokap nyokapnya ia terima apa adanya siapa tahu nama Neli kelak membawa keberuntungan.

*Hendra,nama hanyalah sebuah kalimat yng tertempeldi KTP.SIM.Ijazah,KTM,sebagai pembeda kita dengan yang lainnya yangberfungsi sebagai identitas bergaul,apapunnama yang di berikan orangtua harus dihargai,nama adalah doa dari orangh tua timpal Priana,terus Dina menabahakan nama tak bisa menjadi tolak ukur karakter pemiliknya walau nama keren belum tentu sama jiwqanya dengan nama yang disandangnya,joni menimpal kembali tingal kitanya aja yangterpenting mau diapakan nama itu,tanpa di barengai doa dan usaha tak akan terwujud dec... nama sebaik apapun.

*Kalu punya anak kelak akan kuberi namaArab aja kata neli karena memiliki arti yang sangat bagus dan biasanya merupakan sebuag doa, halitu juga dianguki oleh Wilmiati inysaAlloh bisa membawa berkah pakia nama arab,Nama lokal juga jadi faforit salah satunya si Novi kaalu anaku cewek besok akan kuberinama gilang syahdany.Walau itu namanya indo banget,tapi aku suka disambung lagi herman nama lokal itu mudah diucapkan dan diingat.Beda lagi Uci Waw.... rasanya asyik aja dengerinnya kalau pakai nama kebarat baratan,uinik gitu kerenlagie...


posted by kangmasanom @ 11:47 PM   |
Friday, June 25, 2004
BUNDA

Bunda..apakah masih ada waktu ku untukmu bunda?
seribu rasa saat kau melahirkan,
serasa hilang sat kau dengar tangisku,
seribu sakit yang pernah kau rasakan,
serasa hilang ketika kau melihat langkah kaki pertamaku.
Bunda...

posted by kangmasanom @ 11:52 PM   |
Thursday, June 24, 2004
bila malam

bila malam tiba
kesunyian mulai mengrogoti ....
hanya deting jam terdengar setia menemani
kubingung......
ku pusing....
tak tahu apa yang akanku perbuat
entah sampai kapan ku bisa berubah..
hanya waktu yang tahu..

posted by kangmasanom @ 1:39 AM   |
Wednesday, June 23, 2004
bahasa hati

BAHASA HATI




Tak ada musuh tak dapat ditaklukkan oleh cinta.
Tak ada penyakit yang tak dapat disembuhkan oleh kasih sayang.
Tak ada permusuhan yang tak dapat dimaafkan oleh ketulusan.
Tak ada kesulitan yang tak dapat dipecahkan oleh ketekunan.
Tak ada batu keras yang tak dapat dipecahkan oleh kesabaran.
Semua itu haruslah berasal dari hati anda masing2.

Bicaralah dengan bahasa hati, maka akan sampai ke hati pula. Kesuksesan bukan semata-mata betapa keras otot dan betapa tajam otak anda, namun juga betapa lembut hati anda dalam menghentikan tangis seorang bayi hanya dengan merengkuhnya dalam lengan yang kuat.
Atau, membujuknya dengan berbagai gula-gula dan kata-kata manis.
Anda harus mendekapnya hingga ia merasakan detak jantung yang tenang jauh di dalam dada anda.

Mulailah dengan melembutkan hati sebelum memberikan pada keberhasilan anda.

posted by kangmasanom @ 4:00 AM   |
Tuesday, June 22, 2004
songsong pernikahan
DIKIT BICARA PERNIKAHAN..


Ada temen bercerita ujung2nya bertanya?menjelang pernikahan tuh yang harus ditumbuhkan cinta dulu apa keterbukaan dulu ...waduh aku ditanya gituan wong aku juga masih bujangan... he hee. ya mau tak mau aku jawab juga mudah2an dak salah...
ehm..gimana yac..Menjelang/menyongsong pernikahan,imanlah yang harus dipersiapkan sebaik mungkin,Cinta akan hadir sejalan dengan proses waktu.cinta,keterbukaan dan kejujuran akan menjadi pondasi dalam bangunan rumah tangga itu sendiri.dan semuanya dapat terealisir dengan IMAN yang membaja dan tegad menikah karena Alloh swt.

posted by kangmasanom @ 1:18 AM   |
Monday, June 21, 2004
YA ALLOH

Ya Alloh ,Jangan Engkau menyiksa kami,jika kami lupa atau kami salah,Ya.. Alloh danjangan Engkau memberatkan kami memikul beban yang berat yang sukar kami pikul,sebaimana Engkau telah mebebankan yang demikian atas umat umat sebelum kami,Dan semoga Engkau melebur dosa dosa kami ,ampunilah kami dan rahmatilah kami...amien

posted by kangmasanom @ 1:24 AM   |
cinta sederhana

Jika engkau mencintai seseorang maka cintailah orang tersebut dengan cara yang sederhana,karena bisa jadi esok lusa justru dia akan menjadi orang yang paling engkau benci ,Dan jika engkau membenci seseorang maka bencilah orang tersebut dengan cara yang sederhana pula karena bisa jadi justru esok lusa ia akan menjadi orang yang paling engkau suka.

posted by kangmasanom @ 12:38 AM   |
Sunday, June 20, 2004
paling bebas

Aku adalah orang yang paling bebas
tapi tak pernah memiliki kebebasan
seandainya kau tahu betapa lemahnya diriku
mungkin kan mengerti..
mungkin akan memahami....
mungkin akan....

posted by kangmasanom @ 1:00 AM   |
Saturday, June 19, 2004
BAYANGANMU


Bayanganmu
Setiap langkahku kamu ada
Setiap miimpiku kamu ada
Setiap harapanku kamu ada
Setiap terjaga kamu ada
Bayangan seraup wajah bidadariku
selalu menemaniku

posted by kangmasanom @ 1:45 PM   |
Friday, June 18, 2004
bidadariku
posted by kangmasanom @ 1:32 PM   |
Thursday, June 17, 2004
lucu
ANEH APA LUCU SEC...


Hai ini tulisan lumayan buat ngingetin kita.
Lucu ya, uang Rp 20,000-an kelihatan begitu besar bila dibawa ke kotak amal masjid, tapi begitu kecil bila kita bawa ke supermarket .
Lucu ya, 45 menit terasa terlalu lama untuk berzikir tapi betapa pendeknya waktu itu untuk pertandingan sepakbola/telenovela .
Lucu ya, betapa lamanya 2 jam berada di Masjid, tapi betapa cepatnya 2 jam berlalu saat menikmati pemutaran film di bioskop.
Lucu ya, susah merangkai kata untuk dipanjatkan saat berdoa atau sholat,tapi betapa mudahnya cari bahan obrolan bila ketemu teman.
Lucu ya, betapa serunya perpanjangan waktu di pertandingan bola favorit kita, tapi betapa bosannya bila imam sholat Tarawih bulan Ramadhan kelamaan bacaannya.
Lucu ya, susah banget baca Al-Quran 1 juz saja, tapi novel best-seller 100 halamanpun habis dilalap.
Lucu ya, orang-orang pada berebut paling depan untuk nonton bola atau konser, dan berebut cari saf paling belakang bila Jumatan agar bisa cepat keluar.
Lucu ya, kita perlu undangan pengajian 3-4 minggu sebelumnya agar bisa disiapkan diagenda kita, tapi untuk acara lain jadwal kita gampang diubah seketika.
Lucu ya, susahnya orang mengajak partisipasi untuk dakwah, tapi mudahnya orang berpartisipasi menyebar gossip.
Lucu ya, kita begitu percaya pada yang dikatakan koran, tapi kita sering mempertanyakan apa yang dikatakan Al Quran.
Lucu ya, semua orang penginnya masuk surga tanpa harus beriman, berpikir, berbicara ataupun melakukan apa-apa.
Lucu ya, kita bisa ngirim ribuan jokes lewat email, tapi bila ngirim yang berkaitan dengan ibadah sering mesti berpikir dua-kali.



posted by kangmasanom @ 1:22 PM   |
Wednesday, June 16, 2004
tawakal
Kerohanian / TAWAKAL


Ada tiga tingkatan orang bertawakal tawakul,taslim dan tafwid.orang yang tawakul akan merasa tentram dengan janji-NYA.Orang yang taslim akan merasa cukup dengan pengetahuan-NYA Dan,orang yang tafwid kepada Alloh akan merasa puas dengan kebijaksanaan-NYa

posted by kangmasanom @ 6:59 AM   |
Monday, June 14, 2004
selamat

SELAMAT DAN SUKSES

Buat kak Yunda..Selamat dan sukses atas peluncuran web site www.ayunda.com. dan Selamat ulang Tahun ..semoga apa yang udah dijalankan dan akan dijalankan dalam hidup ini selalu mendapatkan berkah dan rahmat dan semoga Alloh Swt memudahkan kita dalam segala urusan..amien.Maju terus Kakaku



Padahal inginnya peluncuran pada tgl 15 kak tak tahunya tgl 14 itu ulang tahun kakak,ya ALloh kakak ulang tahun..Selamat kak,terus jadi tak balik hitung umur kita beda satu tahun satu hari... he he kita rayain bersama yok malam ini sekalin peluncuran web site kakak,adek mau ke hoka hoka bento kak,,ayooo siapa mau ikut mumpung gratis...

posted by kangmasanom @ 5:42 PM   |
Sunday, June 13, 2004
miliki cinta
Sebenarnya apa sih yang membuat kita memiliki cinta?

Yang pertama nih karena Allah memberi fitrah kepada manusia untuk mencintai keindahan sehingga kita mudah kagum dengan keindahan dan kecantikan yang nampak. Allah memang menciptakan keindahan dan mencintai keindahan
Yang kedua karena manusia cenderung lemah dan tak berdaya. Oleh karenanya manusia akan mencari seseorang atau sesuatu yang dapat memberikan kekuatan, keperkasaan dan kegagahan. Dan sebagai remaja muslim nggak perlu susah-susah mencarinya karena di dalam Al Quran disebutkan bahwa pemilik semua itu adalah Allah. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha kuat lagi Maha perkasa.Sungguh Allah adalah yang terkuat dari yang kuat, yang paling perkasa dari yang perkasa, yang tergagah dari yang gagah. Sebab yang ketiga adalah karena sifat manusia yang cenderung membutuhkan orang lain. Tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain, sehingga dari rasa membutuhkan itu akan timbul rasa sayang untuk tidak menyakiti karena dia atau mereka adalah orang yang kita butuhkan. Tul, nggak?

Sudah yakin kan kalau cinta adalah anugrah dari Allah, sekarang tinggal kita mempraktekkannya,Dan bila cinta sudah melekat gula jawa terasa coklat… eh… maksudnya kalau kita sudah cinta sama Allah pasti apapun yang Allah firmankan tak akan pernah kita tidakkan. Kita akan rela mengorbankan apapun agar Allah tidak meninggalkan kita. Ya, nggak?

Itu baru tanda pertama, sedangkan tanda lainnya adalah banyak mengingat, merenungkan, melamunkan apa yang kita cintai. Ketika melihat sesuatu yang berhubungan dengan yang kita cintai pasti kita langsung ingat dan menyebut-nyebutnya. Jika melihat kebesaran Allah kita langsung bilang "masyaAllah", "subhanallah", "Allahu akbar" dan kata-kata lain yang menyiratkan ingatan kita pada-Nya.

Bila kedua tanda di atas sudah terpenuhi, boleh kok dibilang kita sudah sedikit mempraktekkan cinta. Tapi agar cinta yang sudah Allah berikan tidak kita salah gunakan untuk mencintai hal-hal yang tidak disukai-Nya, tempatkanlah cinta pada posisi yang benar. Manusia cenderung memiliki dua penempatan akan cinta. Ada orang yang menempatkan cinta berdasarkan nafsu yang lebih mengarah pada keinginan untuk memiliki

posted by kangmasanom @ 3:00 AM   |
Saturday, June 12, 2004
relung

....Kujalani....
....relung.....
....relung.....
....setapak,....
....gelap....
....terang...
....hujan....
....panas....


posted by kangmasanom @ 1:59 AM   |
Friday, June 11, 2004
pengertian
Sebuah pengertian

Kehidupan ini perlukan satu pengertian sepertimana sebuah perjuangan itu memerlukan satu kejelasan tentang apa dan mengapa. Seringkala kita gagal untuk meletakkan pengertian itu dan jadilah kita umpama manusia yang menerawang di bumi yang luas ini tanpa makna dan maksud.

Pengertian ini memerlukan pengorbanan dan keikhlasan. Adakal sebuah pengertian itu mesti difahami dengan jalan-jalan kesedihan, kegagalan dan kekecewaan dan itulah maksud pengertian yang coba ditafsirkan mungkin. Adakala pengertian itu hadir dengan segala kesenangan, kebahagiaan dan kemewahan.

Namun, walau apapun, kita seharusnya menjadi hamba yang bersyukur, mempelajari apa makna hakikat ridha dan jadilah menusia yang mengerti akan ketabahan dan kesabaran. Karena....tidak selamanya keindahan itu bertakhta dalam kehidupan dan tidak selamanya juga kekecewaan itu menyinggahi laman kehidupan. Sebab itulah....segalanya perlukan pengertian, dan jadilah manusia yang sanggup untuk mengerti akan semua takdir ini agar segala yang ditakdirkan itu dapat dimengertikan sebagai sebuah pengertian yang abadi....yang hakiki.

posted by kangmasanom @ 8:08 AM   |
Thursday, June 10, 2004
bersuluk
KerohaniaN..
Bersuluk dan ujian


Bersuluk adalah bangkit dari keterpurukan," katanya padaku bertahun-tahun yang lalu. Dan baru sekarang dapat kuraba sedikit makna kata-kata itu. Bangkit dari keterpurukan, adalah dari keterpurukan jiwa dan keterpurukan jasad. Keterpurukan ukhrawi, dan keterpurukan duniawi.

Bersuluk adalah berjuang. Mujahadah, mujahadah, mujahadah. Bukan untuk mengejar kemenangan. sebab menang atau kalah, adalah anugerah Tuhan. Berjuang menghadapi persoalan... berjuang menghadapi syahwat dan hawa nafsu yang tak mau ditundukkan... berjuang menghadapi tarikan dunia dan tipuan syetan.

Terus berjuang, jatuh bangun.. marah, menangis, ataupun murung. Bangkit, berdoa, berserah diri, dan hadapi... sampai Allah menurunkan anugerah-Nya.Jangan pikirkan menang atau kalah, berhasil atau gagal. Kita tidak tahu apa yang ada di depan, Allah menyimpannya. Sebagai hadiah.

Ketika Musa diperintahkan berjalan terkepung ke laut merah, apakah ia tahu lautan akan terbelah? Ketika Ibrahim diperintah menyembelih buah hatinya, apakah ia diberi tahu tentang seekor domba yang akan menggantikannya? Ketika Muhammad diperintahkan menghadapi seribu quraisy berkuda dan bersenjata lengkap, apakah ia diberi tahu tentang kemenangan?

Tidak!! Sesungguhnya mereka bertempur melawan ketakutan mereka sendiri. Melawan ketidakyakinan mereka sendiri, pesimisme mereka sendiri. Rasa ketakbergantungan pada Allah lah yang mereka perangi. Sampai muncul jeritan yang paling dalam dari jiwa mereka, sebuah rasa yang murni, kesadaran bahwa mereka tidak bisa apapun, tidak mampu apapun, tidak memiliki kepastian apapun, selain sebuah kefakiran dan sebuah harapan akan pertolongan Tuhannya. Inilah buahnya: "rasa fakir yang teramat sangat jika tidak sedang bersama Tuhannya." Kehilangan harta, adalah kehilangan keyakinan akan kemampuan diri, kehilangan apa yang biasa kita jadikan andalan, kehilangan thaghut yang kita jadikan gantungan... Kehilangan jiwa, kehilangan sahabat, teman dan keluarga.. kehilangan 'semangat' yang biasa kita jadikan andalan dan bahan bakar; karena bahan bakar yang kita pakai akan diganti. Kehilangan buah-buahan, kehilangan petunjuk, pengelihatan dan pemandangan.... tapi teruslah. Jangan berhenti...sabar,maju terus

Bersuluk, adalah melawan diri sendiri. Sebuah jihad akbar yang bahkan lebih berat dari perang Badar. Sebuah jalan, yang jika kita gugur ketika menempuhnya, kematiannya bahkan lebih mulia daripada mati di medan perang.

Lebih berat dari perang Badar: logically means kita --pasti-- kalah. Ini adalah one way trip, perjalan sekali jalan. Only one-way ticket. Sebuah ekpedisi di mana seharusnya tidak ada lagi yang memikirkan perjalanan pulang. Sebuah perjalanan menuju kematian. There is no going back.

Kita PASTI kalah. Pasti. Kecuali jika Allah menolong. Berharaplah supaya Dia menolong... berperilakulah supaya Allah Swt mau menolong.




posted by kangmasanom @ 2:10 AM   |
tujuh rahasia

TUJUH PERKARA


TUJUH RAHASIA
1.Pertama, Allah menghiasi udara dengan tujuh lapis langit, Firman-Nya yang bermaksud: Dan kami bina di atas kamu tujuh buah langit yang kukuh. (Annabaa:12). Kemudian Allah menghiasi dengan tujuh bintang, firman Allah yang bermaksud: Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan gugusan bintang-bintang di langit, dan Kami telah menghiasinya (langit itu) bagi orang-orang yang memandangnya.

2.Kedua, Allah telah menghiasi padang yang lapang dengan tujuh lapis bumi. Firman Allah ayng bermaksud : Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi..(QS Arththalaaq:12). Kemudian Allah menghiasi bumi itu dengan tujuh lautan, sebagaimana firman-Nya yang bermaksud : Dan laut, ditambahkan kepadanya tujuh laut lagi sesudahnya.. (QS Luqman: 27)

3.Ketiga, Allah telah menghiasi neraka dengan tujuh tingkat, iaitu : Jahannam, Sa'iir, Saqar, Jahiim, Hurhamah, Ladhaa dan Hawiyah. Kemudian Allah menghiasinya dengan tujuh ointu, sebagaimana firman-Nya yang ermaksud: Ia (neraka) itu mempunyai tujuh pintu, tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari neraka. (QS. Al-Hijr:44)

4.Keempat, Allah telah menghiasi Al-Quran dengan tujuh surah yang panjang, kemudian munghiasinya pula dengan tujuh ayat pembuka kitab (faatihatul-kitaab). Sebagaimana firman-Nya yang bermaksud : Dan sesungguhnyaKami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al-Quran yang agung. (Q.S Al-Hijr: 87).

5.Kelima, Allah menghiasi manusia dengan tujuh angggota badan iaitu, duatngan , dua kaki, dua lutut dan satu wajah. Kemudian menghiasinya dengan tujuh peribadatan iaitu dua tangan dengan doa, dua kaki dengan berkhidmat, dua lutut dengan duduk dan muka dengan sujud. Firman-Nya yang bermaksud: Dan suudlah dan dekatkanlah (dirimu kepada Allah). Q.S Al-Alaq : 19).

6.Keenam, Allah menghiasi umur manusia dengan tujuh peringkat. Pada masa lahir disebut "radli", kemudian 'farhim', kemudian 'kuhul', kemudian 'syaikh'. Dan menghiasi tujuh peringkat umur ini dengan tujuh kalaimat iaitu : Ucapan Laa Ilaaha Illallaah Muhammad Rasuulullaah. Firman Allah yang bermaksud : Dan Allah mewajibkan kepada mereka kalimat taqwa (Laa Ilaaha Illallaah) dan adalah mereka berhak dengan kalimat taqwa itu dan patut memilikinya. (Q.S Al-Fath :26)

7.Ketujuh, Allah menghiasi dunia dengan tujuh negeri yang besar iaitu : pertama: Hindustan, kedua: Hijaz, ketiga : Bashrah, Badiyah dan Kufah, keempat : Iraq, Syam, Khurasan samapi ke Balakh, kelima: Roma dan Armenia, keenam : Negeri Ya'juj dan Ma'juj, ketujuh : China dan Turkistan. Kemudian Allah menghiasi tujuh negeri itu dengan tujuh hari iaitu Sabtu, Ahad, Isnin, Selasa, Rabu, Khamis dan Jumaat. Dan Allah memuliakan dengan ketujuh hari itu dari para nabi iaitu Allah memuliakan Nabi Musa a.s dengan hari sabtu, Isa bin Maryam a.s dengan hari ahad, Dawud a.s dengan a.s dengan hari isnin, Nabi Sulaiman a.s dengan har iselasa, Nabi Ya'qud a.s dengan hari khamis dan Nabi Muhammad s.a.w dan umatnya dengan hari jumaat.
(Kitab : As Sabb'iyyaatu Fii Maa'ishi'lbrityaat)

TUJUH PERKARA PEMBAWA KEHANCURAN
1.syirik kepada Allah,
2.Sihir, membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan sebab yang dibenarkan agama,
3.Memakan riba,
4.Memakai harta anak yatim,
5.Membelot (desersi) dalam peperangan dan
6.Melontar tuduhan zina terhadap wanita yang terjaga dari perbuatan dosa, 7.Tidak tahu-menahu dengannya dan beriman (kepada Allah)." (HR Al-Bukhari dan Muslim )










posted by kangmasanom @ 12:38 AM   |
Tuesday, June 08, 2004
muslim02
KEROHANIAN / MUSLIM 02


KETIDAK PASTIAN

Ketidakpastian bukan untuk dihindari tetapi untuk kita atasi. Allah menciptakan ketidakpastian, tentu saja kita sudah diberi potensi untuk bisa mengatasinya. Ingat selalu bahwa Allah tidak akan memberikan tugas kepada kita yang diluar kesanggupan kita.

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." (QS.Al-Baqarah:286)

Apa potensi yang telah Allah berikan kepada kita untuk mengatasi ketidakpastian tersebut? Akal dan hati.

Dengan akal Anda akan mencari cara lain saat satu cara tidak berhasil. Dengan kata lain salah satu cara kita bisa mengatasi ketidakpastian ialah dengan kreatifitas kita. Kita perlu melatih kreatifitas kita agar lebih banyak lagi ide-ide yang bisa kita gunakan atau kita pilih untuk mengatasi ketidakpastian.

Sering orang beranggapan bahwa kalau dia tidak kreatif.
Saya ulangi disini bahwa kreatifitas bisa dipelajari.

Yang kedua adalah hati. Jika hati Anda bersemangat untuk mencapai sesuatu, anda akan terus bekerja dengan penuh ketekunan. Anda akan tekun mencari solusi-solusi baru dan dengan tekun pula menerapkan solusi baru tersebut.

Ketidakpastian selalu menyertai kita, jangan lari, percuma. Yang perlu dilakukan ialah gunakanlah kreatifitas Anda untuk mencari solusi-solusi baru dan tetaplah semangat untuk mengaplikasikan solusi-solusi tersebut. Sisanya kita serahkan kepada Allah SWT

PANGGUNG SANDIRAWA

Dunia ini panggung sandiwara" Anda pernah mendengar lirik ini? Yah, lirik ini dari sebuah lagu rock. Kata lagu ini hidup kita memiliki peran-peran yang kadang kocak atau ada juga menyedihkan. Memang setiap kita memiliki peran-peran yang kita mainkan dalam hidup ini. Tetapi bukan peran seperti dalam sebuah sandiwara. Peran kita ialah peran yang menunjukan posisi kita dalam kehidupan.

Banyak sekali peran-peran tersebut, seperti dalam keluarga kita berperan sebagai orang tua, sebagai kepala keluarga, sebagai anak. Dalam masyarakat pun kita memiliki peran, setidaknya peran sebagai warga. Kita juga memiliki peran sebagai profesional, penegak hukum, dan sebagainya. Ada peran yang secara default melekat pada setiap muslim, yaitu peran sebagai seorang da'i. Kita tidak bisa menghindar karena perintah dakwah ditujukan bagi setiap muslim.

Dakwah bukan hanya berarti memberikan ceramah di atas mimbar, dakwah lebih pada mengajak orang kepada kebaikan dan mencegah kepada kemungkaran. Apapun bentuknya. Apapun peran yang kita jalani bisa menjadi wadah atau alat untuk kita menjadi seorang da'i.

Semakin strategis peran kita, akan semakin besar membawa dampak dalam dakwah kita. Sebagai contoh mana yang akan berpengaruh antara seorang RT dan seorang gubernur jika mereka memerintahkan sebuah tempat maksiat ditutup? Jadi tidak ada masalah jika Anda memiliki obsesi untuk menjadi gubernur jika memang niat Anda untuk lebih berpengaruh dalam amar ma'ruf dan nahyi munkar. Namun hati-hati syaithan pun tidak akan tinggal diam.

Jika Anda kebetulan sudah memiliki peran yang cukup strategis dalam membantu dakwah, Anda harus memiliki obsesi untuk memanfaatkan peran Anda itu sebaik mungkin. Pertahankan peran itu dan jangan sampai diisi oleh orang yang memiliki obsesi buruk misalnya hanya untuk mengeruk kekayaan. Jika peran-peran strategis diduduki oleh orang yang memiliki obsesi buruk maka hidup akan terbawa buruk.

ASPEK KEJUJURAN DALAM ISLAM

1.Jujur dalam kehidupan sehari-hari;

merupakan anjuran dari Allah dan Rasulnya. Banyak ayat Al Qur'an menerangkan kedudukan orang-orang jujur antara lain: QS. Ali Imran (3): 15-17, An Nisa' (4): 69, Al Maidah (5): 119. "Wajib atas kalian untuk jujur, sebab jujur itu akan membawa kebaikan, dan kebaikan akan menunjukkan jalan ke sorga, begitu pula seseorang senantiasa jujur dan memperhatikan kejujuran, sehingga akan termaktub di sisi Allah atas kejujurannya. Sebaliknya, janganlah berdusta, sebab dusta akan mengarah pada kejahatan, dan kejahatan akan membewa ke neraka, seseorang yang senantiasa berdusta, dan memperhatikan kedustaannya, sehingga tercatat di sisi Allah sebagai pendusta" (HR. Bukhari-Muslim dari Ibnu Mas'ud)



2. Kejujuran dan kebohongan dalam kehidupan politik;

"Ada tiga kriteria manusia yang tidak dilihat dan disucikan Allah swt. di hari akherat bahkan bagi mereka adzab yang pedih adalah: Orang sudah tua yang berzina, Pemimpin yang berdusta, dan Orang sombong.

Adapun kebohongan yang diperbolehkan dalam kaitan untuk kegiatan berpolitik, yaitu apabila kebohongan itu bisa meredam keributan sosial agar tidak terjadi perpecahan. Dalam hal ini Rasulullah saw. memberi keringanan pada suatu kebohongan kecuali tiga masalah: Seseorang yang membicarakan masalah dengan maksud mengadakan perbaikan (Islah); seseorang membicarakan masalah pada saat konflik perang (agar selamat), dan seseorang yang merayu istrinya begitu juga istri merayu suami.(HR. Muslim) "Bukanlah pendusta orang yang ingin melerai konflik sesama, hingga orang tersebut berkata: semoga baik dan menjadi baik" (HR. Mutafaq Alaih)


PETUAH MENJADI LELAKI PILIHAN

Ciri-ciri lelaki pilihan
1. Taat kepada Allah dan Rsul-Nya2. Mempunyai ilmu pengetahuan agama
3. Bekerja menyeru manusia kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran
4. Mempunyai sifat berjuang mencapai kecemerlangan dalam hidup
5. Sentiasa membersihkan dirinya daripada sebarang kemungkaran
6. Selalu bertaubat dan memperbanyakan amalan-amalan sunat
7. Tidak mengharapkan balasan atau pujian apabila melakukan sesuatu
8. Tidak takut kepada cercaan orang yang suka mencela
9. Mengetahui dan faham serta mengamalkan segala kewajipannyadengan baik
10. Bersifat lapang dada, penyantun dan pemaaf
11. Berhemah tinggi dan cermat
12. Sentiasa tenang dan waspada
13. Jika ia berkahwin, dia dapat melayan isteri dengan baik kerana sebaik-baik suami adalah suami yang paling baik terhadap isteri



Lelaki pilihan wanita
1. Bersifat pelindung dan bertanggungjawab
2. Bersifat tegas tetapi lemah lembut dan penyayang
3. Berpendirian teguh
4. Bersikap terbuka dan matang
5. Bertimbang rasa dan memahami jiwa wanita
6. Mempunyai sifat kepemimpinan.
7. Boleh berbincang dan berterus terang
8. Penyabar
9. Mempunyai perancangan dan matlamat hidup yang baik dan jelas
10. Cerdik dan bijaksana
11. Peramah dan mesra
12. Kerjaya yang terjamin
13. Berwawasan untuk kesejahteraan dunia dan akhirat.


PETUAH MEMILIH WANITA IDAMAN


Tidak semua orang dapat memilih pasangan hidupnya sesuai dengan keinginannya. Tetapi ramai juga yang pandai menyesuaikan diri dengan pasangannya walaupun tidak menepati ciri-ciri wanitaidamannya.

PERJALANAN

sebuah perjalanan telah kembali dimulai
langkah-langkah berat mulai terasa
ada getar serupa ketakutan
mungkin rasa cemas yang berlebihan
seekor semut melintas tibatiba
ada yang terlupa dari kisah ini, sebuah janji
untuk tetap mencari meski pencarian
itu sendiri memang takkan pernah selesai

rentangkan tangan, lalu terbang!
ke dasardasar hati paling dalam
ke lekuklekuk rasa paling sempit
ke samudera luas bernama hidup

CEMBURU

Teryata ada juga getar getar aneh tiba tiba menyelimuti diri ketika kulihat nama dia.kudengar betapa mesaranya dia.... bukankah itu kekasihku kenapa dengan yang lain begitu .......cemburukah ini....seperti sering kalimat yang akan keluar kalo sedang jatuh cinta ,pujanyaa lagi dengan yang lain... UPsst..
Boleh cemburu tapi jangan kelawat membabi butaa... dongss........ bahaya oey.. sabar aja dech....jodoh tak akan kemana.. tahu endak sec cemburu ituu temenya iri........ hiiiiiiiiiii ...IRI... kalo udah ke Iri lebih Gawaswats .. ehmm Iri punya temen lagi yang di sebut Dengki................. hiiiii ini lebih serem lagi... kalo udah dengki kebaikan setingi gunung seluas samudra tak akan ada artinya sama si Dengki,dia buta semua dilahap habis dengan yang namanya Dengki.. maka hati hati bila kita cemburu jangan sampai terperosok ke Iri apalagi Dengki.......












posted by kangmasanom @ 7:20 AM   |
Monday, June 07, 2004
pria setia
INTIP PRIA SETIA



Cinta mati Soalnya kekasih selain cerdas,baik hati juga berwawasan luas.

Pasangan berpenampilan menarik,pokoknya dak malu maluin dibawa kemana saja.

Kekasih memberi kebebasan sepanjang bertanggung jawab.

Biar berpacaran tidak berati tak bisa berkumpul dengan teman teman kan?

Yakin dia adalah pasangan yang tepat menjadi pendamping hidup,

Apalagi bila kedua orang tua udah merestui,makin mantap dan yakin

Kekasih tidak materiallistik,bisa menerima pria apa adanya.

Takut karma dan dosa bila berselingkuh,soalnya pernah tertangkap tangan.

Dihianati itu tidak enak,Jadi mending bersikap setia aja.

Selain menarik,si dia juga pengertian dan tak menuntut macam macam.

Belom ada yang bisa menandingi dia dalam hal apapun.

Lagian satu aja dak kan habis habis,masa mau nambah lagi?


posted by kangmasanom @ 2:59 PM   |
Saturday, June 05, 2004
KEHIDUPAN INI 03
KEHIDUPAN INI 03


UANG.

Kalau punya uang hidup ini lebih gampang,bisa lebih banyak mengenal kehidupan.Hemat tidak perlu.Borospun jangan,Pakailah uang kalau perlu.Uang itu yang perlu bukan untuk di simpan,tapi di cari,Pengeluaran uang harus diatudr.

Mencari uang adalah pekerjaan otak dan di atur oleh perasaan(hati).Mencari uang tanpa di atur oleh hati berbahaya merugikan orang lain,mengabaikan etika dan hukum.Mengeluarkan uang adalah pekerjaan perasaan(hati)dan harus diatur oleh otak.Mengeluarkan uang tanpa di atur oleh otak,membuat hidupmu berantakan tanpa cadangan dan rencana.

APAKAH KAMU SALAH

Jangan segan segan meminta dan memberi maaf pada setiap kesalahan.Berbuat kesalahan adalah manusiawi.Berbuat kesalahan yang sama lebih dari sekali adalah kebodohan.
Minta maaf saja dia tidak mau!…Jangan remehkan suatau permintaan maaf.Kadang kadang bagi orang orang tertentu lebih baik mati dari pada minta maaf.(audzubilahimindzalik)Maaf bukan barang murah,Karena itu jangan suruh mereka meminta maaf kepadamu.itu berarti kamu minta barang mahal.Cepat lambatnya meminta maaf atas kesalahan itu sebanding dengan tingi rendahnya budaya seseorang.
Tapi yang terpenting adalah meminta maf pada dirimu sendiri(bertaubat) dan maafkanlah orang lain,dan sebelum orang itu berniat meminta maaf.Memaafkan orang melegakan diri sendiri.

SOMBONG

Orang sombong sebenarnya adalah orang yAng berjiwa kecil,berpandangan sempit, dia kira,dia atau miliknya adalah segala galanya.Orang sombong tidak tahu kalu didunia ini semua ada bandinganya,yaitu relatif……….Orang sombong akan bingung bila dihadapkan pada persoalan yang lebih besar.Orang sombong akan kejam terhadap orang orang kecil,dan menjilat pada orang orang yang lebih tinggi.

FANATIK.

Orang fanatik itu berpandangan sempit,orang fanatik itu membutakan diri sendiri dari realitas,orang fanatik itu tidak realistik,orang fanatik itu tidak toleransi, orang fanatik itu tidak menyenagkan,orang setia tidak perlu fanatik.



MEMBERI.

Biasakanlah memberi,bukan meminta,memberi membuat diri lebih bijaksana,lebih merasa sesama,terhadap orng lain dan masyarakat.Meberi dengan rela,membuaah kan kepuasan.Menwarkan pemberian tanpa diminta adalah yg tertinggi.Berikanlah pada yang lebih membutuhkan,jangan meberi sebagai sogokan!…

MEMINTA.

Meminta menunjukan kelemahan,meminta hanya memikirkan diri sendiri,meminta sekali,hanya karena terpaksa,meminta berkali kali menyebalkan,terlalu banyak meminta,menuntut,membuat orang rakus,egois,asosial dan anti sosial.meminta yang benar hanya kepada Alloh Swt bukan sesama manusia.

MEMAKSA.

Jangan memaksakan pertemuan dua benda,dua hal,dua keadaan dengan gap yang cukup luas sehingga melampaui batas kemampuan toleransi mereka.Kalu toh dipaksa pasti merusak keduanya,retak retak,luka dimana mana atau patah sama sekali,Dua benda dengan gap yang luas perlu cara khusus untuk mempertemukannya atau perlu benda ketiga yang menjembatani.Cara khusus dikuasai oleh spesialis.

BERTANYA.

Bertanya bisa karena tidak tahu,bisa karena menguji,bisa juga untuk menyadarkan orang lain atau diri sendiri.Hanya bertanya karena tidak tahu yangbisa di ajukan kepada setiap orang .Bertanya adalah jalan pintas,bertanya menghemat energi.Bertanya sedikit menyengkan,bertanya banyak menyebalkan.Bertanya harus membayar dengan terima kasih atau uang.

MENJAWAB

Jawablah pertanyaan tanpa curiga,hilangkan pikiran kalau si penanya sedang menguji atau menyadarkan kita,sampa kita yakin bahwa maksudnya memnag begitu.Jawablah secukupnya,jangan menjerumuskan,Boleh bohong bila sangat pribadi dan kita tidak tergantung dia.Kita punya hak untuk tidak menjawab.

UNTUK ORANG MUDA

Sikecil dipersiapkan jadi orang muda,Situa pembimbing orang muda,atau hanya sisa sisa orang muda(maaf bila tak sopan),Tetapi sering orang muda sering tidak tahu memnafaatkan haknya dan sering pula orang tua terlalu banyak menguasai dan mengurangi kesempatan orang muda.

ANAK PADA ORANG TUA

Sebagai anak kita sangat tergantung pada orng tua,selama itu angaplah sebagai masa persiapan,sampai kita bisa hidup mandiri.Didalam masa persiapan ini,manfaatkan situasi dan sarana yang di berikan orang tuan kita sebaik baiknya dan jangan menghayal yang bukan bukan.Biarlah selera pandangan orang tua dengan kita semua itu adalah normal.Pandangan dan seleramu mungkin akan ditolaknya,tapi kita harus tetap mengikuti,ikut menikmati pandangan dan selera mereka,selama kita masih ikut padanya.Orang tua adalah orang yang paling mencintai kita. Maka cintailah dan hormatilah mereka,sekalipun mereka kemudian tidak berdaya.Bila kita sudah dewasa kita boleh tentukan selera dan pandangan kita masing masing tanpa perlu merengek rengek kebaikan orang tua kita.

UNTUK OARNG LAIN

Kita boleh berbuat apa saja asalkan untuk kebahagiaan oarng lain dan tidak merusak diri sendiri.Berfikirlah kembali apa sedang tidak merusak diri sendiri?…Tolonglah mereka yang lemah,mereka yang kesukaran,sejau tidak membuat kita kesukaran seperti orang itu.Orang lain itu untuk ditolong bukan digarap.Setiap orang mempunyai tempat dan harga dir masing masing.Hormati mereka sesuai dengan tempampatnya. Jangan sampeikita sakiti mereka.Lebih baik mengangap orangterlalu tinggi dari pada mengagap terlalu rendah,jangan hina orang lain karena mereka juga punya harga diri..

PENIPUAN

Bila kita di tipu,jangan kecil hati,semua orang bisa kena tipu,MENIPU yang harus dihindari…!Begitu juga memfitnah, mencuri,merampok,melukai,membunuh,JANGAN sekali kali kita lakukan.Tetapi sebaliknya,difitnah,dicuri,dirampok,….dsb kita tidak salah,kita hanya bisa berjaga jaga atau menagulanginya.

HAK & KEWAJIBAN

Banyak hal didunia ini,merupakan keseimbangan timbal balik,begitupula dengan hak dan kewajiban,kalu kita minta hak,renungkanlah kewajiban kewajiban apa yng sudah atau akan kita lakukan,terlalu banyak memberi kewajiban hanya membuat mereka menjadi budak.Jangan meminta terlalu banyak karena sebenarnya yang kita perlukan hanya sedikit

PERKAWINAN

Perkawinan adalah bertemunya dua pribadi laki laki dan perempuan yang dilegalisir oleh hukum agama dan hukum negara.Dua kepribadiuan yg sudah terbentuk sedemikian rupa ,menurut pola sendiri sendiri,Dua kepribadian yang berbeda,dua manusia yang berbeda.Menyamakan dua kerpibadian itu sangat suka atau tidak mungkin.Sedangkan menyatukamnya hal yg relefan, cock tidak cocknya hanya dapat di terima atau di tolak bersama individunya.Pola perkawinan hanyalah kerja sama bukan persamaan atau kuasa menguasai.

DASAR PERNIKAHAN

Dasar pernikahan adalah cinta,kemesraan,dan tangung jawab serta agama.Dengan waktu kemesraan cenderung berkurang dan tangung jawab bertambah,karena itu yang perlu diusahakan adalah pertahankan kemesraan sepanjang perkawinan.Kalau kemesraan hilang,tanggung jawabpun tidak ada,maka perkawinan tidak ada artinya,hancur atau sandiwara.Perkawinan tanpa cinta mestinya bukan perkawinan tetapi,….Perusahan…. Bila dianggap sebagai sumber penghasilan……Panti asuhan…bila dianggap sebagai curahan rasa belas kasihan..Perburuan…Perbudakan..bila diangap sebagai pelayan,pekerja dalam rumah atau usaha.

KEMATIAN

Suatu saat akan datang kita harus mati,kita terpaksa mati,itu kewajaran,Tidak penting mengapa kita mati,tetapi lebih penting bagaimna mengisi hidup ini sebelomnya.!
Mati….kita bukan apa apa lagi,mungkin kita dikenang, mungkin diumpat, mungkin disanjung,mungkin dilupakan tapi itu bukan urusan kita… itu urusan mereka.Yang terpenting kita isi hidup ini dan bertangung jawab kepada Alloh Swt untuk hidup dialam selanjutnya..


posted by kangmasanom @ 7:12 AM   |
About
Kangmasanom sekarang telah menjadiseorang ayah dan saat ini masih tinggal di Pnk

Mau chating dengan kangmasanom yach mau chatting ya kangmasanom
Acak-acak
Artikel Terbaru
Archives
Shoutbox

Holly Qur'an

Deteksi
Ada online

eXTReMe Tracker miniscu Center