Selamat datang di MailCantik.blogspot.com, terima kasih atas kunjunganya dan jangan sungkan untuk kembali lagi
,
Saturday, May 15, 2004
keseimbangan

keseimbangan diri



Keseimbangan, yang merupakan refleksi duniawi dari keadilan Ilahi dan kondisi penting terciptanya kedamaian di dunia tempat manusia berada, merupakan basis naiknya jiwa menuju kedamaian,

Islam memandang tujuan kehidupan spiritual di dalam penegakkan keseimbangan baik secara lahiriah dan batiniah, sebagai basis penting keberangkatan vertikal menuju Allah. Sangat stabilnya masyarakat Islam selama berabad-abad, kekekalan norma-norma yang terwujud dalam syariah, dan keabadian ciri peradaban tradisional yang merupakan konsekuensi prototipe yang permanen dan abadi, semuanya merupakan refleksi dari keseimbangan ideal dan realisasinya sebagaimana yang terlihat jelas dalam ajaran syariah (aturan Ilahi), karya seni Islam, bahwa keseimbangan tidak terpisah dari kata Islam yang berarti salam atau damai.

Terjaganya keseimbangan di dunia ini, bukan berarti suatu kestatisan atau kepasifan karena hidup itu secara fitrah senantiasa bergerak. Dalam menghadapi dunia yang senantiasa berubah-ubah, pengaruh waktu yang menghancurkan, eksistensi dunia yang berganti, agar semuanya tetap seimbang, diperlukan usaha atau kerja keras yang terus menerus. Artinya, berjihad disetiap tingkatan kehidupan. Fitrah manusia, siapapun ia, cenderung lupaPenaklukan jiwa ruhani oleh nafsu atau jiwa duniawi, proses kehidupan seseorang atau sekelompok manusia menunjukkan adanya bahaya hilangnya keseimbangan dan bahaya terjatuhnya manusia kepada ketimpangan, yang jika dibiarkan terus akan mengarah kepada disintegerasi pada tingkat individu dan kehancuran pada tingkat masyarakat.

Pada saat yang sama ia memiliki akal yang zatnya merupakan sifat dan kehendak Ilahi yang sekaligus dapat menghijab intelegensinya atau mendorongnya menemukan asal muasal dirinya. Di dalam dirinya, terdapat cinta dan benci, kedermawanan dan keserakahan, kelemahlembutan dan keagresifan.




posted by kangmasanom @ 10:17 AM   |
About
Kangmasanom sekarang telah menjadiseorang ayah dan saat ini masih tinggal di Pnk

Mau chating dengan kangmasanom yach mau chatting ya kangmasanom
Acak-acak
Artikel Terbaru
Archives
Shoutbox

Holly Qur'an

Deteksi
Ada online

eXTReMe Tracker miniscu Center