Selamat datang di MailCantik.blogspot.com, terima kasih atas kunjunganya dan jangan sungkan untuk kembali lagi
,
Saturday, March 20, 2004
pp merah
Panda Merah ...Ailurus fulgens


Sekilas, Panda Merah terlihat lebih mirip dengan rakun atau beruang daripada kerabat terdekatnya si panda besar. Hewan seberat empat sampai enam kilogram ini adalah makhluk pemalu. Nama lainnya ialah Lesser Panda, hun-ho, wah, dan red cat bear.

Panda Merah punya kebiasaan yang sangat unik. Sepanjang hari, ia menghabiskan waktunya tidur bertekuk tubuh dengan ekor melilit di kepalanya. Selain itu, tidak seperti beruang lainnya, cakar Panda Merah sebagian dapat ditarik masuk bersembunyi di dalam jemarinya. Tulang tangannya yang memanjang berfungsi sebagai alat pengenggam makanan.

Umumnya, Panda Merah memiliki panjang sekitar 50 hingga 63 cm. Ekornya yang berbulu tebal dihiasi oleh warna cokelat tua yang membentuk cincin. Meski cukup panjang, ekor Panda Merah tidak dapat digunakan untuk memegang.

Binatang bertubuh seperti beruang ini memiliki bulu tebal berwarna cokelat muda kekuningan. Perut, tungkai, dan lengannya berwarna hitam. Ada tanda putih di sisi kepala serta di atas mata kecilnya.

Hewan ini hidup menyebar di Bhutan, Cina, India, Myanmar, dan Nepal. Ia biasa menghuni hutan di lereng pegunungan yang sejuk dan lembab di ketinggian 7.000 sampai 15.000 kaki.

Meski dikatakan sebagai karnivora, ia ternyata juga melahap nikmat bambu, akar-akaran, berri, dan rerumputan. Tetapi, menu utamanya ialah burung kecil, pengerat mungil, telur, dan serangga. Metabolisme tubuhnya berjalan pelan.

Panda Merah yang biasa menjadi incaran macan tutul salju ini hidup menyendiri, kecuali induk yang memiliki anak kecil. Geraknya amat pelan di tanah. Tetapi, kalau bergelayut di pohon, ia sangat gesit. Saat bermain di dahan pepohonan, ekornya bertindak sebagai penyeimbang.

Panda Merah betina melahirkan satu sampai empat anak. Periode mengandungnya berkisar antara 112 sampai 158 hari. Urusan perawatan bayi sepenuhnya ditangani sang induk. Panda Merah kecil akan mulai hidup mandiri ketika berusia 90 hari.

Akibat habitatnya menyusut, hewan bernama latin Ailurus fulgens ini pun dikategorikan dilindungi di Nepal dan Cina.


posted by kangmasanom @ 10:41 PM  
About
Kangmasanom sekarang telah menjadiseorang ayah dan saat ini masih tinggal di Pnk

Mau chating dengan kangmasanom yach mau chatting ya kangmasanom
Acak-acak
Artikel Terbaru
Archives
Shoutbox

Holly Qur'an

Deteksi
Ada online

eXTReMe Tracker miniscu Center